Review dan masukan untuk penerbitan jurnal autentik STKIP PGRI SUMENEP

H. Husamah

Abstract


Autentik adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), STKIP PGRI Sumenep, Madura, Jawa Timur. Jurnal ini bertujuan sebagai media komunikasi dan informasi seputar praktik mengajar dan implementasi pendidikan dasar dari berbagai aspek. Jurnal ini bersifat open access yang diterbitkan dengan dua kali per tahun yang berisi hasil penelitian yang tidak pernah dipublikasikan sebelumnya di tempat lain. Adapun ISSN adalah 2548-9119 (Cetak) 2549-1113 (OnLine).

Full Text:

PDF

References


Aini, K. (2017). Penerapan pendidikan matematika realistik (PMR) dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan

Pendidikan Dasar, 1(1), 20–29.

Amin, A. M., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2019). RQA integrated with ADI: Empowering students’ ability in posing higher-order thinking skill questions. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi

Indonesia)J, 5(3), 511–520. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.8301

Arizen, A., & Suhartini, S. (2020). Mobile learning student worksheet based on socio-scientific-issues: Enhancing students’ scientific literacy skills in biology. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia),

(1), 15–24. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.11196

Armadi, A. (2017). Pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu di SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 55–67.

Asnawi, A. (2017). Peningkatan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang melalui penerapan contextual teaching and learning siswa kelas V SDN Batubelah Timur. Autentik : Jurnal

Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 41–54.

Astuti, Y. P. (2017). Pembelajaran tematik berbasis real object. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 11–17.

Astuti, Y. P. (2019). Model kooperatif dengan bantuan MM dalam pembelajaran IPA di program studi PGSD. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 1–5.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Azis, A. (2018). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 57–64.

Azizah, L. F. (2018). Pengaruh penerapan metode pembelajaran snowball throwing terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa tunarungu ditinjau dari efikasi diri akademik.

Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 46–56.

Azizah, L. F. (2019). Mengembangkan kemandirian dan motorik halus pada siswa. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 58–68.

Bahtiar, R. S., & Pratiwi, D. E. (2017). Media PUL (Pop up large) berbasis audio dengan pemanfaatan limbah kertas sebagai optimalisasi pendidikan beretika pada siswa sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 63–69.

Cholifah, T. N., & Zuhroh, L. (2019). Pengembangan bahan ajar kearifan lokal malang berbasis media adobe flash cs3 pada siswa sekolah dasar inklusi untuk meningkatkan hasil belajar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 35–46.

Damayanti, R. (2017). Penggunaan bahasa alay pada bullying anak di media sosial. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 1–11.

Damayanti, R., & Yuanta, F. (2018). Media animasi interaktif untuk meningkatkan minat baca anak. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 1–8.

Desiningrum, N., & Nuryasana, E. (2017). Pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan melakukan praktikum IPA di SD pada mahasiswa PGSD Universitas Terbuka. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 12–18.

Hamid, B. A. (2019). Urgensi menciptakan pembelajaran yang berkualitas bagi seorang guru. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 64–75. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.44

Hardiansyah, F. (2020). Implementasi nilai religius melalui budaya sekolah: Studi Fenomenologi. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24.

Harsojo, A. (2017). Penerapan strategi pembelajaran komunikatif untuk menigkatkan kemampuan menulis laporan siswa kelas VA SDN Pajagalan II. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan

Dasar, 1(1), 30–40.

Hayati, N., & Berlianti, N. A. (2020). Critical thinking skills of natural science undergraduate students on biology subject: Gender perspective. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 83–90.

https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.11150

Hendriani, M. (2018). Kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan pemecahanmasalah matematika kelas V SD Negeri Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10.

Hidayat, H. (2020). Model pembelajaran pendidikan karakter di mi tarbiyatus shibyan jadung dungkek sumenep. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 33–40.

Hudha, A. M., & Husamah, H. (2019). Ethics of domestic tourist to beach conservation (Case study of Balekambang Beach, Malang District). Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan

(Journal of Natural Resources and Environmental Management), 9(1), 9–16. https://doi.org/10.29244/jpsl.9.1.9-16

Husamah, H., Hudha, A. M., & Putri, Z. A. (2019). HOTS-authentic assessment model implementation of tissue structure materials in high school of Malang: A pre-validation final draft. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2), 113–125. https://doi.org/10.33394/j-ps.v7i2.1997

Ilma, S., Al-Muhdhar, M. H. I., Rohman, F., & Saptasari, M. (2020). The correlation between science process skills and biology cognitive learning outcome of senior high school students. JPBI (Jurnal

Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 55–64. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10794

Jamila, S. H. (2018). Model pembelajaran Qur ’any (Studi kasus di Yayasan Pendidikan Nasional Ikatan Pendidik IMTAQ Surabaya). Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(2), 19–34.

Jamila, S. H. (2019). Model pembelajaran terpadu (Studi kasus di Yayasan Muhammad Ya’qub Jombang). Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 1–13.

Jamilah, J. (2019). Kesiapan orang tua dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 14–24.

Kadarisman, K. (2019). Representasi pesantren dan kesalahan berbahasa dalam novel “ciuman terakhir ayah” karya: Maufiqurrahman Surahman. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 69–78.

Kuswandi, I. (2019). Produktivitas kiai dan pengembangan kurikulum madrasah diniyah. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 54–63. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.43

Kuswandi, I., & Azizah, L. F. (2018). Kematangan emosional siswa bertunangan. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 20–33.

Kuswandi, I., & Mafruhah, M. (2017). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunagrahita dengan mengoptimalkan penggunaan media yang ada di lingkungan sekolah di Sekolah Dasar Luar Biasa Saronggi Kabupaten Sumenep. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 30– 42.

Kuswandi, I., Wajdi, M. B. N., Faruq, U. Al, Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Respon kebijakan pemerintah desa terhadap peraturan bupati tentang wajib madrasah diniyah. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 7–14.

Larasati, D. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran observasi lapangan terhadap hasil belajar IPS SD. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 1–10.

Lestari, N., Yusuf, S. M., Basri, K. I., Suciati, S., & Masykuri, M. (2020). The presence of the Problembased Learning syntax in junior high school biology textbooks. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi

Indonesia), 6(1), 9–14. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.11096

Lukitasari, M., Purnamasari, I., Utami, S., & Sukri, A. (2019). Blended-Problem-Based Learning: How its impact on students’ critical thinking skills? JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 425– 434. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.10048

Matroni, M. (2017). Penerapan pendidikan bayani dalam meningkatkan kemampuan menyampaikan pelajaran siswa sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 19–29.

Mouromadhoni, K. R., Atun, S., & Nurohman, S. (2019). Students’ curiosity profile in excretion system topic taught using authentic inquiry learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 397– 406. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.7689

Mulasih, M., & Wakhyudi, Y. (2018). Deviasi kata dan perubahan makna bahasa pada sosial media. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(2), 35–43.

Ngumpriyatin, N. (2019). Peningkatan kedisiplinan guru melalui reward and punishment di SDN Ketawang Karay I Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep semester 1 tahun 2017/2018.

Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 6–22.

Ngumpriyatin, N. (2020). Penggunaan metode talking ball untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan

Pendidikan Dasar, 4(1), 25–32.

Odewumi, M. O., Akintola, D. A., & Bello, I. (2020). Plastic relief sculpture: Improving Nigerian students’ performance in practical biology. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 101–106.

https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10629

Punggeti, R. N., & Sari, T. T. (2019). Inovasi kurikulum berbasis budaya lokal di SDIT Al-Wathoniyah Pajagalan Sumenep. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 47–53.

Purnaningtias, F., Aika, N., Fasihah, L., Farisi, M. S. Al, Sucipto, A., & Putri, Z. mei biana. (2029). Analisis peran pendidikan moral untuk mengurangi aksi bully di sekolah dasar. Autentik : Jurnal

Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 41–48.

Rahardjanto, A., Husamah, H., Fatmawati, D., Miharja, F. J., & Setyawan, D. (2019). The problematic implementation of community-based ecotourism in Indonesia: A case study in ecotourism of Gili Labak-East Java. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(Special Edition CUT), 1–18.

Retrieved from

https://www.ajhtl.com/uploads/7/1/6/3/7163688/article_19_special_edition_cut_2019_indonesia.pdf

Rahardjanto, A., Husamah, H., & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL: Learning outcomes, creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179– 192. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12212a

Rahwini, R. (2019). Peningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB di kelas VI SDN Ketawang Karay I Kec. Ganding Kab. Sumenep Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 45–57.

Ramdiah, S., Abidinsyah, A., Royani, M., & Husamah, H. (2019). Understanding, planning, and implementation of HOTS by senior high school biology teachers in Banjarmasin-Indonesia. International Journal of Instruction, 12(1), 425–440. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12128a

Ramdiah, S., Abidinsyah, A., Royani, M., Husamah, H., & Fauzi, A. (2020). South Kalimantan local wisdom-based biology learning model. European Journal of Educational Research, 9(2), 639–653.

https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.639

Roshayanti, F., Wicaksono, A. G. C., & Minarti, I. B. (2019). The profile of students’ analytical skills in environmental issues of coastal area. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1), 33–40.

https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7574

Sari, A. P., Karyanto, P., & Ashadi, A. (2020). Metacognitive awareness of commuter and resident students of Islamic high school in biology learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1),

–30. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.8257

Sayuti, S. (2019). Peningkatan hasil belajar ipa materi tempat hidup makhluk hidup melalui pembelajaran aktif tipe card sort di kelas II SDN Ketawang Karay I Kec. Ganding Kab. Sumenep semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(1), 23–33.Sihabuddin, S. (2018). Pendekatan fenomenologi dalam studi Islam. Autentik : Jurnal Pengembangan

Pendidikan Dasar, 2(2), 44–50.

Sobon, K. (2017). Implementation of discovery learning model to improve learning result of natural science at fifth grade of SDN Lelang Banggai subdistrict. Autentik : Jurnal Pengembangan

Pendidikan Dasar, 1(2), 52–62. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14013

Sobon, K., Mangundap, J. M., & Walewangko, S. (2019). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap

motivasi belajar siswa sekolah dasar di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 25–34. https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.38

Suhartono, S., & Setiyawan, H. (2017). Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah materi bilangan berpangkat dan logaritma. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(2), 43–51.

Sukitman, T. (2018). Tafsir tematik tentang motivasi dalam pendidikan. Autentik : Jurnal Pengembangan

Pendidikan Dasar, 2(1), 34–45. https://doi.org/10.36379/autentik.v2i1.19

Sulistiyono, S., & Widuroyekti, B. (2018). Pembentukan belajar mandiri mahasiswa baru S1 PGSD-UT melalui pelatihan keterampilan belajar mandiri dan tutorial dalam peningkatan kemampuan

penulisan karya ilmiah. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(2), 11–18.

Suryani, A. I. (2018). Pengembangan bahan ajar membaca sekilas berbasis know want learned kelas V sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 9–19.

Triani, L., Wahyuni, S., Purwanti, E., Hudha, A. M., Fatmawati, D., & Husamah, H. (2018). Pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum: Peningkatan problem-solving skills dan hasil belajar siswa pada

materi jaringan hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21826

Ulfah, M., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). The completeness of environmental literacy aspects studied in the articles published in several countries. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia),

(1), 75–82. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10813

Yayuk, E., & Husamah, H. (2020). The difficulties of prospective elementary school teachers in item problem solving for mathematics: Polya’s steps. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, Vol. 8, pp. 361–368. https://doi.org/10.17478/jegys.665833

Yustitia, V. (2020). Pengaruh model inkuiri berbantuan alat peraga edukatif terhadap literasi spasial. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA