Revolusi Industri 4.0: Tranformasi Media belajar e-learning menggunakan framework

Putri Ayu Irodah, Habibatul Khoiriyah, Zahroil Batul, Rizkiatul Maulidasilvi, Dwi Setyawan, N. Nyono

Abstract


Tranformasi media pembelajaran siswa memberikan dampak besar bagi pengalaman belajar di masadepan. Tujuan artikel review ini untuk mengkaji penggunaan media belajar e-learning menggunakan framework yang berorientasi dengan era revolusi industri 4.0 di Indonesia. Artkel ini merupakan literatur review, menggunakan 30 artikel yang diterbitkan tahun 2017-2019 terindek sinta 2 dan sinta 3. Katakunci yang digunakan untuk memperoleh data adalah inovasi media belajar, e-learning framework, revolusi industri 4.0. Berdasarakan hasil review media e-learning framework banyak digunakan dalam pembelajaran, akan tetapi memerlukan evaluasi kembali jika direkomendasikan sebagai media belajar yang sesuai dengan revolusi industri 4.0.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S., & Latifah, F. (2019). Implementasi framework laravel pada sistem informasi seolah menggunakan metode waterfall berbasis web. JISAMAR, 3(4), 45–53.

Amalia, N. N., & Kamaludin, A. (2019). Pengaruh media pembelajaran Mec Bond terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 1–8.

Aparicio, M., Bacao, F., & Oliveira, T. (2016). An e-Learning Theoretical Framework. Education Technology & Society, 19, 292–307. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/b03e/c0d1398e261fa4b

e0c368c4268d45befa193.pdf?_ga=2.16740534.1032194641.1593756692-1867650397.1584509087

Ariati, N., Nurwarsito, H., & Rusdianto, D. S. (2018). Pembangunan sistem e-learning untuk kebutuhan TOT (Training Of Trainer) guru [ada SMk Yp 17-1 Malang dengan menggunakan framework codeigniter. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(3), 1257–1264.

Atieka, T. A., & Budiana, I. (2019). Peran pendidikan karakter dan kreativitas siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2), 331–341. https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.76

Daniels, M. M., Sarte, E., & Cruz, J. Dela. (2019). Students’ perception on e-learning: A basis for the development of e-learning framework in higher education institutions. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 482(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/482/1/012008

Darise, G. N. (2013). Implementasi kurikulum 2013 revisi sebagai solusi alternatif pendidikan di Indonesia dalam menghadapi revolusi industri. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41–53.

Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2019). Perbedaan penggunaan media powerpoint dan video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan retensi memori siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD. Jurnal Tematik, 9(1), 19–27.

Hafil, M. (2018). “Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi 4.0 Di Pendidikan,.” Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/edua%0Action/18/05/02/p8388c430-mendikbud-ungkap-carahadapi-%0Arevolusi-40-di-pendidikan.%0A

Hamdan Husein Batubara. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27.

Hartanto, A. (2018). Making Indonesia. In Making Indnesia 4.0 (pp. 1–8). Jakarta-Indonesia. Retrieved from www.kemenperin.go.id

Hasan, M. (2017). Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru ekonomi sekolah menengah atas Negeri di Kabupaten Gowa. Jurnal Economix, 5(2), 70–81. https://doi.org/10.1002/jcop.21624

Hidayat, W., & Sudibyo, N. A. (2018). Implementasi pembelajaran interaktif elektronika dasar menggunakan adobe flash CS6 pada kelas semu dengan google classroom berbasis framework RAD. Sains Dan Edukasi Sains, 1(2), 17–24. https://doi.org/10.24246

Hoerunnisa, A., Suryani, N., & Efendi, A. (2019). E-learning in multimedia calsses to improve Vocational student learning achievement and motivation. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(02), 123–137. Retrieved from https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/140/pdf

Idin, S. (2018). An overview of STEM education and industry 4.0. In Research Highlights in STEM Education (pp. 194–208). Retrieved from https://www.isres.org/books/chapters/An Overview of STEM Education and Industry 4.0_25-12-2018.pdf

Labib, U. A., & Yolida, B. (2019). Pengembangan aplikasi berbasis android yang terintegrasi dengan website sebagai media pembelajaran biologi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(4), 66–75.

Latif, A. (2018). 4 Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved June 1, 2019, from https://www.kompasiana.com/altip/5bfcab 25aeebe161c772f98f/4-kompetensi-guru-diera- revolusi-industri-4-0?page=all.

Litbang Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad-21.

Lutfiana, R. D. (2019). Pengembangan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar dengan framework lavarel di SMK. It-Edu, 04, 90–95.

Mediana, D. (2018). Rancang bangun aplikasi helpdesk ( a-desk ) berbasis web menggunakan framework laravel ( studi kasus di pdam surya sembada Kota Surabaya ). Jurnal Manajemen Informatika, 8(2), 75–81.

Meliantina. (2019). Menerapkan budaya literasi guru sekolah dalam upaya meningkatkan pendidikan di era industri 4.0. Murabbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 120–139.

Natalia, Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Perbedaan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT ditinjau dari hasil belajar IPA siswa kelas 4 SD Gugus Joko Tingkir. Vox Edukasi, 10(1).

Nurdiani, N., Rustaman, N. Y., Setiawan, W., & Priyandoko, D. (2019). Reasoning patterns and modes of prospective biology teachers on embryology learning with TPACK framework. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 93–100. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7375

Octaviana, S., & Setiawan, Y. (2019). Meningkatkan minat belajar kelas IV sekolah dasar menggunakan media powerpoint berdasarkan kerangka kerja TPACK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1150–1159. https://doi.org/10.31004

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17–26. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/viewFile/18369/12865

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan abad 21: kopentensi digital pendidik masadepan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.

Purwanti, W. C., Suwono, H., & Ibrohim. (2018). Kajian kebutuhan perangkat pembelajaran biologi terintegrasi EMaS ( eco mapping at school ) di SMA Negeri se-Kota Malang. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1).

Rofiq, M., & Sujadmika, S. (2012). Aplikasi electronic learning (e-learning) berbasis open source dalam proses belajar mengajar di STMIK Asia Malang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 52–65. Retrieved from https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/49/37

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Interactive media development of e-learning in welcoming 4 . 0 industrial revolution on ecosystem material for high school students. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437

Selamet, K., & Ganesha, U. P. (2019). Komparasi model pembelajaran kooperatif tipe teams asissted individualization dan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions terhadap kemampuan pemecahan masalah ipa siswa. JPPSI, 1(1).

Simamora, A. H., Agung, A. A. G., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengembangan e-learning dengan kelase pada matapelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 151–157. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21260/13260

Statistik, B. P. (2018). Statistik Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sektor Pendidikan 2018. (S. D. S. K. dan teknologi Informasi, Ed.). BPS RI/BPS-Statistics Indonesia. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=Mjc5NzE4NDVhOWQ2MTYzNDEzMzNkMTAz&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTgvMTIvMjQvMjc5NzE4NDVhOWQ2MTYzNDEzMzNkMTAzL3BlbmdndW5hYW4tZGFuLXBlbWFuZmFhdGFuLXRla25vbG9naS1pbmZvcm1hc2ktZGFuLWtvbXVuaWthc2ktLXAydGlrLS1zZWt0b3ItcGVuZGlkaWthbi0yMDE4Lmh0bWw%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMC0wNy0wNCAxMToxNDozNQ%3D%3D

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29–35.

Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Developing of adobe flash multimedia learning biology through project based learning to increase student creativity in ecosystem concepts. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(3), 181–196. https://doi.org/10.22437

Sugiantoro, B., & Prayudi, Y. (2019). Penerapan metode composite logic untuk perancangan framework pengumpulan bukti digital pada media sosial. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(10), 135–142.

Suprapto, A. (2018). Analisis dimensi kebutuhan pra implementasi e-learning untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan kampus di era revolusi industri 4.0. Attarbiyah, 28, 81–97. https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v28.81-97

Suprianto, A., & Asri Amaliza Fathia Matsea. (2018). Rancang bangun aplikasi pendaftaran pasien online dan pemeriksaan dokter di klinik pengobatan berbasis web. Jurnal Rekayasa Informasi, 7(1), 48–58.

Suryandari, C. K., Sajidan, Rahardjo, B. S., Prasetyo, Z. K., & Fatimah, S. (2018). Project-based science learning and pre-service teachers’ science literacy skill and creative thinking. Cakrwala Pendidikan, Th.XXXVIII(3), 345–355. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.17229

Ulfa, S. (2014). “Mobile seamless learning” sebagai model pembelajaran masa depan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 11–19.

Uswatun, D. A., & Widiyanto, R. (2018). Analisis aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berbasis scientific approach di Sekolah Dasar sebagai implementasi 21 st century skills. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 2(2). https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.680

Wahyuni, E. S., & Yokhebed. (2019). Deskripsi media pembelajaran yang digunakan guru biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

Warnars, H. L. H. S. (2017). Pemodelan elearning perguruan tinggi dengan menggunakan framework Learning Technology System Architecture (LTSA) dan Unifield Modeling League (UML). JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 15(1), 43–55. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/144703-ID-pemodelan-elearning-perguruan-tinggi-den.pdf

Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 75–86.

Yanuarti, R., & Rusman. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh guru di sekolah penerima Universal Service Obligation (USO). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 69–83. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/19441/11916

Yuniani, A., Ardianti, D. I., & Rahmadani, W. A. (2019). Era revolusi industri 4.0 : peran media sosial dalam proses pembelajaran fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(1), 18–24.

Yusrizal. (2016). Servey penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di wilayah perbatasan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 13–28. Retrieved from https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwiF1YiQ5bLqAhXrILcAHehvB5QQFjAGegQIBxAB&url=https%3A%2F%2Fjurnal.kominfo.go.id%2Findex.php%2Fjtik%2Farticle%2Fdownload%2F784%2F451&usg=AOvVaw2p5OQcZi9kJAt76GcZ1uzi

Zubaidah, S. (2019). STEAM ( Science, Technology, Engineering, Arts , and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika dan Sains dengan Tema “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 (pp. 1–18). Indramayu: FKIP Universitas Wiralodra Indramayu. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/336065211_STEAM_Science_Technology_Engineering_Arts_and_Mathematics_Pembelajaran_untuk_Memberdayakan_Keterampilan_Abad_ke-21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA