Peran Pendidikan Karakter Sebagai Wujud Pendidikan Berkualitas Sesuai Dengan Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs)

Eki Lista Anggorowati, Artha Ayu Mei Shinta, Elisa Rohimatun Nafi’ah, Sarifudin Lathif

Abstract


Latar Belakang: Pentingnya Pendidikan karakter untuk generasi muda bangsa Indonesia yang saat ini mulai luntur ditelan peradaban baru dan permasalahan lain yang. Pendidikan karakter mutlak diperlukan seiring dengan tujuan Sustainable Development Goals, yaitu tentang Pendidikan berkualitasTujuan: Untuk mengetahui peran Pendidikan karakter sebagai wujud Pendidikan berkualitas sesuai dengan Sustainable Development Goals (SGDs).Metode: Metode yang digunakan adalah metode kajian teori dan kepustakaan. Pencarian 30 artikel diakses melalui internet dengan kata kunci artikel pendidikan karakter dan pendidikan berkualitas dalam tujuan Sustainable Development Goals. Artikel dibatasi mulai dari tahun 2017-2019, keseluruhan artikel sudah terindeks sinta minimal sinta 4 sampai sinta 1.Hasil: Untuk mencapai tujuan Pendidikan berkualitas dalam Sustainable Development Goals (SDGs), maka diperlukannya Pendidikan karakter kepada siswa baik dari lingkungan sekolah maupun keluarga dan masyarakatKesimpulan: Pendidikan karakter memiliki peran untuk mengembangkan kemampuan siswa agar berperilaku baik, sebagai wahana perbaikan budi pekerti, wahana penyaring kebudayaan yang masuk baik budaya lokal maupun budaya asing yang bertentangan dengan nilai budi pekerti atau karakter bangsa. Pendidikan karakter yang baik dapat mewujudkan Pendidikan berkualitas sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs).

Full Text:

PDF

References


Antara, P. A. (2019). Implementasi pengembangan karakter anak usia dini dengan pendekatan holistik. Ilmiah Visi PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 17–26.

Cahyono, H., Suhono, & Khumairo, A. (2018). Pendidikan karakter bagi pelaku pedofilia (sebuah strategi dalam mengatasi amoral). JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 3(1), 1–19.

Chasanah, A., & Utomo, C. B. (2019). Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Pada Materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 93–102.

Dahliyana, A. (2017). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH. Sosioreligi, 15(1), 54–64.

Dwinuryati, Y., & Andayani. (2017). Kajian pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada cerita rakyat "Nyi Andan Sari dan Ki Guru Soka. Jurnal Artefak: History and Education, 4(1), 15–22.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L. R. T., & Rasmi, D. A. C. (2019). Century Skills . Hal ini mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang tercermin pada Permendikbud No. 54 Tahun 2013. Penerapan kurikulum 13 yang mengacu. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 343–347.

Irwansyah, M., & Ariyansyah. (2019). Perangkat pembelajaran biologi berorientasi pendidikan karakter untuk meningkatkan sikap dan pengetahuan siswa 1,2. Lentera Pendidikan, 22(1), 94–102.

Jaya, K. A. (2019). membangun mutu pendidikan karakter siswa melalui implementasi ajaran tri hita karana. Penjaminan Mutu, 5(1), 57–67.

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 100–106. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I1.10378

Kh, E. F. F., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan karakter untuk anak usia dini menurut Q.S. Lukman: 13-19. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 42–51.

Khodijah, N. (2018). Pendidikan karakter dalam kultur islam Melayu (studi terhadap pola asuh orang tua, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan pengaruhnya terhadap relifiusitas pada suku Melayu Palembang. Tadrib, 4(1), 21–39. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kristiawan, M., Ahmad, S., & Suhono, T. (2017). DESAIN PEMBELAJARAN SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III BERBASIS KARAKTER DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN Instit ut Agama Islam Ma ’ arif NU ( IAIM NU ) Metro Lampung. Jurnal Kajian Ilmbu Pendidikan, 2(2), 403–432. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25217/ji.v2i2.178. 403-432

Makmur, T., & Dastina, W. (2018). Cultivating local wisdom in character education: lessons from family education values of Indonesian traditional ceremony. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 26(2), 417–444. https://doi.org/10.21580/ws.26.2.2753

Martini, E. (2018). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 21–27. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27

Muali, C. (2017). Rasionalitas Konsepsi Budaya Nusantara Dalam Menggagas Pendidikan Karakter Bangsa Multikultural. Jurnal Islam Nusantara, 1(1), 105–117. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i1.64

Muflihaini, M. A., & Suhartini. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Konsep Adiwiyata Di Sman 2 Banguntapan Bantul. Prodi Pendidikan Biologi, 147–159.

Nindiantika, V., Ulfatin, N., & Juharyanto, J. (2019). Kepemimpinan Situasional Untuk Meningkatkan Daya Saing Luaran Pendidikan Abad 21. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 40–48.

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. JMKSP, 3(2), 216–231. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862

Perdana, N. S. (2018). Implementasi peranan ekosistem pendidikan dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Refleksi Edukatika, 8(2), 813–191.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. JPSD, 3(2), 201–214.

Raharjo, Y. M., Waluyo, H. J., & Saddhono, K. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Di Sma. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627

Rozhana, K. M., & Sari, N. K. (2019). Pengembangan assesment pembelajaran pada nilai karakter untuk menghadapi era Sustainable Development Goals. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 119–126.

Setyawan, A., Suwandi, S., & Slamet, S. Y. (2017). Muatan pendidikan karakter dalam cerita rakyat di Pacitan. Pendidikan Karakter, 7(2), 199–211.

Siregar, L. Y. S. (2017). Full day school sebagai penguatan pendidikan karakter (perspektif psikologi pendidikan islam). Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(1), 306–319. https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2945

Sonita, E., & Helmi. (2019). Peningkatan SDM menuju kemandirian UMKM melalui kualitas pendidikan dalam mewujudkan Sustainable Development Goals. Sosial Dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 88–97.

Supriyono, S., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2018). Nilai Karakter Tanggung Jawab Dalam Sajak-Sajak Subagio Sastrowardoyo. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(2), 183–193. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6370

Widayanti, L., & Hakim, L. (2017). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upada pendidikan karakter pada matakuliah operation research. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 78–89.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi sekolah dalam penguatan pendidikan karakter bagi siswa dengan memaksimalkan peran orang tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–303. Retrieved from The Value of Pancasila, National Insight, PPKn Subject


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA