Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran CBL

Siti Nurhasanah, A. Arasti, Farida Dwi Susanti, Moses Gotlief Rumperiai, Iin Hindun

Abstract


Pembelajaran dengan Model CBL adalah pemeblajaran yang sednag berkembang di Kota Malang saat ini. Model pembelajaran yang dikembangkan oleh Sukarsono pada tahun 2015 ini menjawab kebutuhan guru dalam mengintegrasikan konsep lingkungan dalam setiap materi. Perkembangan model CBL ini tidak selaras dengan perbaikan instrument evaluasinya. Pengembangan instrumen penilaiaan kemampuan berpikir kritis ini dialkukan berdasrakan kebutuhan dilapang dimana, Guru merasa kesulitan dalam mengevaluasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran CBL hal ini dikarenakan kekhasan CBL yang berbeda dengan model lain. Pengembangan instrument ini adalah instrument esay dengan menggunakan metode pengembangan Hannafin dan Peck sampai pada tahap pengembangan dan evaluasi tidak sampai pada implementasi.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2013) Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rosyada, D. (2016). Antara Pendidikan dan Pembelajaran. Retired from: https://www.uinjkt.ac.id/id/antara-pendidikan-dan-pembelajaran/ diakses 3 Januari 2020

Sukarsono, S. (2018). Model pembelajaran CBL / Buku Pegangan Guru. UMM: Malang

Tegeh, I M., Jampel, I Nyoman. & Pudjawan, K. (2014) Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA