Penilaian Keterampilan Abad Ke-21

Rimtha Zalsalina, Galuh Palupi, Dewi Riyaningsih

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: (1) membuat rubrik penilaian keterampilan proses sains dan (2) mengungkapkan kelayakan dan kemanfaatan rubrik penilaian yang dikembangkan sebagai suatu sumber penilaian. Metode pengembangan meliputi lima tahapan pengembangan, yaitu; analisis kebutuhan, desain produk, development/pengembangan produk, implementasi, dan evaluasi. Populasi penelitian merupakan siswa kelas VII dari 3 sekolah yaitu SMPN 14 Malang, SMPIT Insan Permata, dan SMP Muhammadiyah 2 Kediri yang berjumlah 96 siswa. Hasil uji reliabilitas menunjukkan produk layak digunakan dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,702. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa produk sangat bermanfaat, mudah digunakan dan menarik. Hasil pengukuran keterampilan proses sains dengan menggunakan rubrik penilaian menunjukkan keterampilan proses sains siswa yang baik dengan persentase 54.00% siswa mencapai kategori keterampilan proses sains sangat baik, 20.00% siswa berkategori baik, dan 24.00% siswa dengan kategori cukup.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (Ed. 7 Jilid 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Gunawan, Muhammad Ali. 2009.

Tugas dan Penyusunan Kriteria Penilaian (Rubrik). Artikel Pendidikan. (Online). (http://forumpenelitian.blogspot.c om/2009/09/. Diakses 21 Juni 2014 ).

Hamid, Sholeh. 2011. Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta: DNA Press.

Mahmud, Rifah. 2013. Evaluasi Penilaian 2: Unjuk Kerja. Artikel Pendidikan. (Online). (http://rifahmahmud.staff.stainsal atiga.ac.id/2013/01/29/evaluasi- dan-penilaian-2-unjuk-kerja/.

Diakses 17 Juli 2014)

Nitko, Anthony J. 1996.Educational Assessment of Student. New Jersey : Prentice-Hall.

Sudjarat, Akhmad. 2008. Penilaian Ranah Afektif. Artikel Pendidikan. (Online) (http://akhmadsudrajat.wordpress

.com/2008/08/15/penilaian- ranah-afektif. Diakses 20

Februari 2014)

Susila, I Ketut. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Asesment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika sesuai KTSP SMA Kelas X di Kabupaten Gianyar. Bali : Undiksha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA