Membangun Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII SMPIT Insan Permata Malang

Galuh Palupi

Abstract


Pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup merupakan materi biologi tentang prosedur pengklasifikasian makhluk hidup sebagai bagian kerja ilmiah yang membutuhkan suatu bentuk aktivitas agar dapat mengurangi penggunaan metode ceramah. Hal ini membangun komunikasi dua arah sehingga menghilangkan kejenuhan pada siswa. Siswa menjadi tidak tertarik dan tidak termotivasi untuk aktif dalam pembelajaran, akibatnya tidak ada aktivitas siswa yang memberikan pembelajaran yang bermakna sebagai pembangun karakter dan hasil belajar yang rendah. Membangun karakter tidak didasarkan pada menghafal dan verbal pengetahuan. Penting untuk menyiapkan kegiatan pembelajaran berupa aktivitas yang bermakna sebagai upaya memberikan kontribusi dalam membentuk pola pikir, perilaku, dan membangun karakter manusia untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap dirinya, masyarakat, dan alam semesta, serta permasalahan yang dihadapi masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan memberikan gambaran mengenai pentingnya membangun karakter dalam pembelajaran IPA di SMPIT Insan Permata Malang, sehingga memunculkan upaya dan gagasan untuk pengembangan membangun karakter di sekolah. Dalam penelitian ini akan dikaji beberapa hal, antara lain tentang pendidikan karakter, mengetahui pentingnya membangun karakter dalam pembelajaran IPA, dan pengembangan membangun karakter dalam pembelajaran IPA di SMPIT Insan Permata Malang.

Full Text:

PDF

References


Dedy. 2010. Peningkatan Keprofesionalan Peneliti, Guru Dan Praktisi Mipa Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. Press Release Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan Mipa. Fmipa Universitas Negeri Yogyakarta

Dewi , Azmi, Gloria. 2015. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq Pada Konsep Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Jamblang. Jamblang. Scientiae Educatia

Diana, Ariyanto1, Dwiastuti1, Sanusi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Sets (Science Environment Technology And Society) Untuk Meningkatkan InternalisasiKarakter Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, Karanganyar, Pendidikan Biologi Fkip Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Biologi

Dwikoranto. 2010. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Di Fullday School. Proseding Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2010 Dengan Tema Membangun Profesionalisme Guru Ipa Melalui Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG).FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Halimatussya’diah, Melinda. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Dengan Menggunakan Modul Berbasis Karakter Menurut Al–Quran Pada Materi Sistem Reproduksi Di Sma Kelas XI IPA Pendidikan Biologi Fkip Universitas Sriwijaya. Urnal Pembelajaran Biologi

Janah, Chamisijatin, Lise, Husamah. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ipa Di SMPN XY Kota Malang. Malang. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhamadiyah Malang Jurnal Biotek

Juniarso, T. 2010. Pendidikan Karakter Di Sekolah (Character Education In School) Sebuah Usulan Gagasan: Pengembangan Model Kontrak Belajar Dengan Pelibatan Masyarakat Untuk Penguatan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Sains. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana.

Lepiyanto. _ .Membangun Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah MetroMajid, Abdul, Andayani, Dian. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya.

Maya, Huzaifah, Kodri. 2017. Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran

Biologi Di Sekolah Menengah Atas Madang Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sriwijaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran

Nengsih. Peranan Pembelajaran Biologi Dalam Membangun Karakter Cinta Kepada Allah SWT Serta Mensyukuri Nikmatnya Biology Learning Role In Building Character And Love To God Almighty Grateful For The Joy Bangko Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan. YPM

Resti, Vitasari. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Umum Bermuatan

Karakter Dengan Model PBM Berbantuan Asesmen Autentik. Serang. Jurusan Pendidikan IPA FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA E-ISSN

Setyaningrum, Husamah. 2011. Optimalisasi Penerapan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Berbasis Keterampilan Proses : Sebuah Perspektif Guru Ipa-Biologi. Malang Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan

Suryaningsih. 2018. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an Sebagai Metode Untuk Pembentukan Karakter Siswa. Majalengka. Jurnal Bio Educatio Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Majalengka

Winarti. _. Pembangunan Karakter Dalam Pembelajaran Sains Melalui Metode Ilmiah Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi

Wiryanti. _. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Dengan Setting Modified Inquiry Untuk Meningkatkan Karakter Dan Pemahaman Konsep Siswa Sma. Universitas Pendidikan Gannesha. Bali

Yunarti. 2014. Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. -. Jurnal Tarbawiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA