Pembelajaran IPA Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Materi Sistem Organisasi Kehidupan di SMP Muhammadiyah 2 Kediri

Dewi Rianinsih

Abstract


Penelitian ini mengungkap tentang proses pelaksanaan pembelajaran IPA bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Kediri yang menggambarkan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi perencanaan, strategi, kendala-kendala serta usaha untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan mengambarkan keadaan suatu objek atau subjek apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan guru pembimbing khusus. Hasil penelitian menunjukkan pada perencanaan guru mempersiapkan materi yang telah dimodifikasi, mempersiapkan media sesuai indikator yang dicapai dalam pembelajaran, waktu pembelajaran yang ditambah setelah usai pembelajaran dan dalam proses belajar disesuaikan dengan kemampuan anak. Meotode yang digunakan adalah dengan praktikum serta guru berkolaborasi dengan guru pembimbing khusus saat menerangkan pelajaran serta pengaturan tempat duduk anak digilir untuk menumbuhkan komunikasi dengan temannya. Kendala yang dihadapi yakni mood anak dalam belajar yang berubah-ubah serta kurangnya media untuk anak. Usaha mengatasi kedalanya pemindahan ruang belajar ke perpustakaan dengan guru pembimbing khusus.

Full Text:

PDF

References


Permen. (2009). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 70 TAHUN 2009 TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KELAINAN DAN MEMILIKI POTENSI KECERDASAN DAN/ATAU BAKAT ISTIMEWA.

Saputra, A. (2016). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif, (3), 1–14.

Sisdiknas, U. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA