Situs Kota Cina sebagai sumber pembelajaran sejarah

Surya Aymanda Nababan, Leo Agung S., Sri Yamtina

Abstract


Pembelajaran sejarah lokal dengan memanfaatkan situs kota cina sebagai sumber pembelajaran sangat penting untuk siswa sebagai sarana agar lebih mengetahui tentang peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. Dalam hal ini situs kota cina merupakan situs yang terletak di kota medan. Situs kota cina dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA untuk mendukung pembelajaran secara langsung pada objeknya atau observasi pada materi kerajaan Hindu-Budha di Indonesia sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 11 kota Medan dan SMA PAB 1 Medan menggunakan situs kota cina sebagai sumber pembelajaran sejarah untuk membantu siswa agar dapat lebih mengetahui mengenai peninggalan sejarah yang terletak di kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemanfaatan situs kota cina sebagai sumber pembelajaran di SMA Negeri 11 Medan dan SMA 1 PAB Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif naturalistik dengan tehnik pengumpulan data yaitu observasi (pengamatan) inteview (wawancara), dokumentasi dan gabungan ketiganya.

Full Text:

PDF

References


Aman. (2011). Model evaluasi pembelajaran sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah pada satu pendidikan . Bandung :Alfabeta.

Kochhar. (2008). Teaching of history. Jakarta: Grasindo

Kinnon dan Edwards. (1994). “Arca-arca tamil di kota cina.” saraswati esai-esai arkeologi 2, Kalpataru Majalah Arkeologi No. 2: 53-79.

Purnawibowo, S. (2013). “Studi kelayakan arkeologi di situs kota cina, medan (studi awal dalam kerangka penelitian arkeologi”.Berkala Arkeologi Sangkhakala XVI (2):170–18.

SardimanAM. (2011). Pembelajaran sejarah dan nilai-nilai kepahlawanan. Jurnal UNY. Volume 17. No. 1. Hal 1-8.

Seel dan Richey. (1994). Instructional technology. AECT. Washington, DC

Purnawibowo, S. dan Koestoro, L. P. (2016). Analisis stakeholders dalam pengelolaan sumber daya arkeologi di kota cina, medan. AMERTA, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Vol. 34 No. 1, Juni 2016 : 1-80.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Susanto, H. (2014). Seputar pembelajaran sejarah: isu, gagasan, dan strategi pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Susanti, S. (2015). Sejarah dalam materi kerajaan islam di Indonesia. Jurnal SOCIA Vol. 12 no. 1 Mei 2015 : 29-39


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA