Rengginang udang khas Cirebon sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat berbasis pengelolaan lingkungan

Lulu Ruaidah, M. Rizky Hidayat, Susi Nurjannah, K. Khotimah, Muhimatul Umami

Abstract


Cirebon merupakan salah satu kota penghasil udang windu yang cukup tinggi di Indonesia. Berbagai olahan berbahan dasar udang banyak dilakukan masyarakat, salah satunya adalah rengginang udang khas Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan rengginang udang windu (Penaeus monodon) dan menganalisis efek produksi rengginang udang baik bidang ekonomi maupun ekologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode survei. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi literatur, selanjutnya data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Cirebon telah memanfaatkan udang dalam bentuk olahan rengginang sejak tahun 1983. Udang windu digunakan dalam pembuatan rengginang memiliki kualitas tekstur dan rasa yang lebih bagus dibandingkan dengan yang berbahan ikan. Selain gurih dengan bentuk yang mekar sempurna, rengginang udang windu (Penaeus monodon) juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alternatif gizi masyarakat. Adanya usaha pengolahan udang windu (Penaeus monodon) dalam bentuk rengginang banyak masyarakat Cirebon yang melakukan pembudiyaan udang windu (Penaeus monodon) sehingga perekonomian masyarakat meningkat dan populasi udang pun tetap stabilĀ  berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Campbell, Reece.2008. Biologi edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Dewi, R. A. (2019). Pelestarian rengginang sebagai makanan tradisional khas Desa Cikoneng Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nur, E. M., &Rahardianti, R. (2016). Penggunaan sekat kasa berbagai ukuran untuk menapis penularan white spot syndrome virus (WSSV) pada udang windu. Buletin Teknik Litkayasa Akuakultur, 12(2), 87-90.

Suyanto, N. S. R. (2009). Panduan budidaya udang windu. Niaga Swadaya.

Syahputra, R. (2017). Pengendalian tingkat salinitas air pada budidaya larva udang windu berbasis mikrokontroller. ATMega 8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA