Implementasi eco-education melalui inovasi ecobrick dalam upaya pengelolaan lingkungan berkelanjutan di Cirebon

Mirna Wati, Ratu Farhana Zarfa Kusumawarrdhani, Sucizah Nurohmah, Ubaidilah Rifki Haikal, Muhimatul Umami

Abstract


Pendidikan lingkungan hidup berperan penting dalam pelestarian dan perbaikan lingkungan dalam mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan. Salah satunya dengan pendidikan berbasis lingkungan dengan memanfaatkan sampah anorganik dalam bentuk Ecobrick. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas Eco-education melalui pembuatan inovasi Ecobrick dalam upaya meningkatkan kepedulian lingkungan dan keterampilan mengelola lingkungan yang baik dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode observasi. Pengumpulan data melalui pengamatan langsung, parsipatory-observation, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan berbasis lingkungan (Eco-education) yang dilakukan pada masyarakat Cirebon melalui pembuatan Ecobrick mampu meningkatkan pemahaman masyarakat Cirebon terkait kepedulian lingkungan dan meningkatkan keterampilan dalam mengelola sampah anorganik menjadi barang multiguna yang bernilai ekonomi sehingga mampu meningkatkan perekonomian berbasis konservasi yang berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Damanhuri, E. 2010. Diktat pengolahan sampah. Bandung: ITB

Marier, R; Angway, I dan Himawati, A. (2017). Plastik, lingkungan dan ecobrick. Jurnal Teknik Lingkungan. Vol (2) No (2) Hal: 13.

Mujahidin, (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi upaya pemberdayaan masyarakat dalam mengelola sampah anorganik di bank sampah simpan jadi mas. Jurnal Keskap Fisip. Vol (13) No (1) Hal: 305-331.

Pratiwi, I.H., Wignojosoebroto, S dan Dewi, D.S. (2007). Sistem pengelolaan sampah plastik terintegrasi dengan pendekatan ergonomi total guna meningkatkan peran serta masyarakat. Jurnal Humaniora. Vol (1) No (2) Hal: 331-337

Purwaningrum, P. (2016). Upaya mengurangi timbunan sampah plastik di lingkungan. Jurnal teknik Lingkungan. Vol (8) No (2) Hal: 141-147.

Putra, H.P dan Yuriandala, Y. (2010). Studi pemanfaatan sampah plastik menjadi produk dan jasa kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingungan. Vol (2) No (1) Hal: 21-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA