Tema-tema dalam penerbitan jurnal JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran)

Husamah Husamah

Abstract


Analisis ini dilakukan terhadap terbitan JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) Volume 1 nomor 1 2017, Volume 2 nomor 1, dan Volume 2 Nomor 2 tahun 2018. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sains Universitas IVET Semarang, terbut dua kali dalam setahun (pada bulan April dan November). Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian eksperimental, penelitian dan pengembangan, penelitian tindakan kelas, penelitian kualitatif, dll dalam sains untuk sekolah menengah, sains di sekolah dasar, pengajaran dan pembelajaran sains, pembelajaran fisika, pembelajaran kimia, pembelajaran biologi, evaluasi pembelajaran, pengembangan kurikulum , dan pengembangan media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, D. N. (2019). Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar dalam meningkatkan keterampilan berpikir analitik. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 201. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.662

Alfathy, R. M., Susanto, H., & Marwoto, P. (2018). Penerapan aktivitas Aesop’s berbantuan guidance worksheet untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 48–57.

Arimadona, S. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar biologi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 72–78. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva

Astutik, I. P., Rasiman, R., & Handayani, D. E. (2018). Pengembangan media buku berjendela pada pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 102–110.

Dewi, N. D. L. (2018). Penerapan pembelajaran ipa terintegrasi untuk memetakan nilai iman (Budi pekerti) peserta didik sekolah dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 36–47.

Fajriyanti, Z. D., Ernawati, T., & Sujatmika, S. (2019). Pengembangan LKS berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 149. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.691

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan metode eksperimen berbantu media benda konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 24–31. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva

Hasyim, F. (2018). Mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 80–89.

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2019). Pembelajaran IPA dan lingkungan: Analisis kebutuhan media pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682

Jiwanto, I. N., Sugianto, S., & Khumaedi, K. (2017). Pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing kooperatif jigsaw terhadap keterampilan proses sains siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 1–8.

Laksita-P, R., Dewi, E. R. S., & Nurwahyunani, A. (2017). Pengaruh outdoor learning pada model discovery learning terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 32–38.

Lelatobur, L. E., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2018). Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMP ditinjau dari Tingkatan Kelas dan Gender. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 13–24. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.529

Listiyani, L. R. (2018). Implementasi model pembelajaran inkuiri berbasis refleksi kelompok pada materi reaksi redoks. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 58–65.

Mu’awanah, S. (2018). Pengukuran keterampilan pemecahan masalah siswa SMA kelas X di Kabupaten Klaten. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 66–79.

Murwindra, R., Yuhelman, N., & Musdansi, D. P. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran kimia di SMKN 1 Teluk Kuantan. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 51–61. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva

Nurwahidah, I. (2017). Penggunaan asesmen pembelajaran IPA bagi siswa visual impairment di SLB Jawa Tengah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 39–50. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva

Prasetyono, R. N. (2017). Miskonsepsi mahasiswa teknik informatika pada materi kelistrikan. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 62–71.

Prasetyono, R. N., & Trisnawati, E. (2019). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis empat pilar pendidikan terhadap kemampuan berpikir kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679

Rumbekwan, Y. O., Yohanita, A. M., & Damopolii, I. (2018). Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar biologi di kelas VIII SMP 11 Manokwari. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 25–35.

Sasmono, S. (2019). Project based learning untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pokok bahasan hakikat ilmu kimia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 189. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.727

Uswatun, D. A., & Widiyanto, R. (2019). Analisis aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berbasis scientific approach di sekolah dasar sebagai implementasi 21st century skills. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 174. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.680

Wibowo, A., & Cholifah, T. N. (2019). Instrumen tes tematik terpadu kurikulum 2013 berbasis PISA’s literacy bagi siswa sekolah dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 209. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.726

Wibowo, H. A. C. (2019). Rancang bangun simulasi komputer untuk pembelajaran fisika pada topik selektor kecepatan dengan metode numerik Euler. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 141. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.684

Widiyawati, Y. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran IPA bagi peserta didik visual impairment di SLB. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 9–23. Retrieved from http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva

Yuniarti, R. D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2018). Efektivitas model joyful learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa smp dengan memperhatikan domain soal. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 121–130.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA