Pengembangan student worksheets berbasis guided discovery learning di mata kuliah Morfologi Tumbuhan

Iis Ni’matul Jannah, Ifa Muhimmatin

Abstract


Proses pembimbingan (guidance) pada penerapan pembelajaran berbasis penemuan (guided discovery learning) harus sistematis dan terorganisir, sehingga dalam persiapan pembelajarannya perlu dikembangkan suatu lembar kerja (student worksheets) yang sesuai dengan alur penerapan guided discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan student worksheets yang aplikatif untuk diterapkan dalam guided discovery learning. Pengembangan worksheet mengikuti model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Subyek penelitian meliputi 2 orang ahli pengembangan, 40 mahasiswa pendidikan biologi yang telah menempuh mata kuliah morfologi tumbuhan, dan 15 mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah morfologi tumbuhan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket dan observasi dari bulan Februari hingga Juni 2018. Hasil penilaian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli terhadap kualitas worksheet memperoleh persentase sebesar 95,7% dengan kategori sangat baik. Penilaian mahasiswa terhadap keterbacaan worksheet memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat baik. Uji penerapan terbatas dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penilaian kinerja penemuan mahasiswa menunjukkan peningkatan dengan rerata 78,33%, dan penilaian terhadap kualitas hasil penemuan juga mengalami peningkatan dengan rerata sebesar 82,25%. Berdasar data tersebut dapat disimpulkan bahwa student worksheets morfologi tumbuhan yang dikembangkan dapat diterapkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dalam guided discovery learning.

Full Text:

PDF

References


Astra, I.M., Hadi, N., & Nur D.M. 2015. Development of Student Worksheets by Using Discovery Learning Approach for Senior High Student. Journal of Education in Muslim Society. Vol 2 (1): page 91-96.

Bodner, GM. & Hunter WJF, 1998. What Happens When Discovery Laboratories Are Integrated into the Curriculum at a Large Research University?. Journal of Springer Verlac. Vol. 3 (3): page 32-49.

Budiningsih, C.A. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Clark, R.E., Kirchner, P.A., John Sweller. 2012. Putting student to the path of learning. Journal American educator, Vol. 4 (1): page 6-11.

Djamarah, Syaiful Bahri, & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fetherson, T. 2008. Visual Culture in the Classroom. Australian Journal of Teacher Education. Vol. 33 (3).

Jay, R.G., & Mark L.N. 2012. Enhancing the Engineering Curriculum: Defining Discovery Learning at Marquette University Milwaukee. Proceeding of 2nd ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference: page 405-410.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2010. Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kemendikbud.

Kirschner, P.A., & R.E. Clark. 2006. Why Minimal Guidance During Instruction Does Not Work: An Analysis of the Failure of Constructivist, Discovery, Problem-Based, xperiential, and Inquiry-Based Teaching. Journal Educational Psychologist, Vol. 41 (2), page 75–86.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prince MJ, & Richard MF, 2006. Inductive Teaching and Learning Methods: Definitions, Comparisons, and Research Bases. Journal of Engineering and Education, Vol. 95 (2): page 123–138.

Rahayu, P., Sriyono, & Nur Ngazizah. 2013. Pengembangan Worksheet dengan Pendekatan Guided Inquiry pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor untuk Mengoptimalkan Domain Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi.Vol. 3 (1): page 78-82.

Sungkono. 2006. Pengembangan Bahan Ajar-Modul. Yogyakarta: FIP UNY.

Siddiq, M. D., Isniatun, M, dan Sungkono. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Ditjen Dikti Diknas. Jakarta

Thiagarajan, Sivasailam. Dorothy S, Semmel. & Melvyn I, Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Veermans, K. 2003. Intelligent support for discovery learning. Netherlands: Twente University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA