Pengendalian lalat buah (Bactrocera sp) secara biologi menggunakan attractant dan warna pada tanaman jambu biji (Psidium guajava)

Maria Gaudensia Ladja, Iin Hindun, Sukarsono Sukarsono, Rr Eko Susetyarini, Dwi Setyawan

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui daya tarik lalat buah terhadap variasi attractant maupun variasi warna. Penelitian dilakukan di kebun Jambu desa Bulukerto, Bumiaji kota Batu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang teridiri dari 2 faktor yaitu minyak atsiri (Serai A1 dan Kemangi A2) dan warna (merah B1, kuning B2, dan hijau B3) dengan 4 kali ulangan. Hasil penelitian di temukan 1 jenis lalat buah yaitu Bactrocera papaya, dengan total jumlah lalat buah yang terperangkap sebanyak 2.320 ekor. Kombinasi antara minyak atsiri serai dan perangkap warna kuning adalah yang paling banyak menarik lalat buah.

Full Text:

PDF

References


Bes, A. H., & Haromoto, H. F. (1961). Contribution to the biology and ecology of oriental fruit fly Dacus dorsalis. Honolulu: University of Hawai.

Cahyono, B. (2010). Sukses budidaya Jambu biji di pekarangan dan perkebunan. Yogyakarta: Lily Publisher.

Ginting, E., Antarlina, S.S., & Widowati, S. (2009). Varietas Unggul Kedelai untuk bahan baku industri Pangan. Litbang Pertanian, 28(3), 79–87.

Humaira, Tasik, S. B., & Masriatun. (2013). Pelatihan pembuatan atraktan alami dari tumbuhan aromatika untuk pengendalian lalat buah Bactrocera sp. pada pertanaman cabai di kecamatan Sigi Biromaru (pp. 1–8). Palu: Universitas Tadulako.

Kardinan, A. (2003). Pengendalian hama lalat buah. Bogor: Agro Media Pustaka.

Miswanto, M., Alam, A., & Shahabuddin. (2014). Daya tarik jenis atraktan dan warna perangkap yang berbeda terhadap lalat buah (Diptera: tephritidae) pada tanaman mangga (Mangifera indica) di desa Souluve. Jurnal Agrotekbis, 2(5), 454–459.

Siwi, S.S., Hidayat, P., & S. (2006). Taksonomi dan Bioteknologi Lalat Buah Penting di Indonesia. Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber daya Genetik Pertanian.

Wardani, S. (2009). Uji aktivitas minyak atsiri daun batang serai (Andropogon nardus L) sebagai obat nyamuk aedes aegypti. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zulfitriany, D. M., Sylvia, S., & Gassa, A. (2004). Pemanfaatan minyak Sereh (Andropogon nardus l.) sebagai atraktan berperekat terhadap lalat buah (bactrocera sp.) Pada pertanaman mangga, 4(3), 123–129.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA