Eksistensi kacang hijau sebagai organisme model dalam mempelajari pertumbuhan tanaman

Andri Ani Purwaning Rahayu, Febi Fitria Nur Aini, Hendry Sulistyanto, Muswiatul Jannah

Abstract


Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai model dalam mempelajari berbagai macam konsep biologi di sekolah. Pada penelitian ini, ulasan penggunaan kacang hijau dan contoh pemanfaatan kacang hijau dalam mempelajari pertumbuhan tanaman dikaji. Keberadaan glukosa dalam air siraman diposisikan sebagai variabel bebas dan tiga parameter pertumbuhan tanaman diposisikan sebagai variabel terikat pada contoh pemanfaatan tersebut. Berdasarkan rangkuman uji hipotesis dengan menggunakan uji independent samples t test, dapat diketahui bahwa pemberian glukosa pada penyiraman kacang hijau memberikan pengaruh pada pertambahan tinggi tanaman [t hitung (7,76) > t tabel (2,15)] dan panjang akar [t hitung (5,67) > t tabel (2,15)], namun tidak memberikan pengaruh pada jumlah daun [t hitung (1,29) < t tabel (2,145)]. Dari studi ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa kacang hijau dapat dengan mudah digunakan dalam mempelajari konsep pertumbuhan tanaman. Penyediaan alat dan bahan serta tempat percobaan juga mudah untuk diperoleh

Full Text:

PDF

References


Buah, E., & Akuffo, A. F. (2017). The Science Topics Perceived Difficult by Junior High School Students at Techiman North District : Effects on the teaching and learning of Science . Imperial Journal of Interdisciplinary Research, 3(1), 503–509.

Edison, A. S., Hall, R. D., Junot, C., Karp, P. D., Kurland, I. J., Mistrik, R., … Viant, M. R. (2016). The time is right to focus on model organism metabolomes. Metabolites, 6(8), 1–7. https://doi.org/10.3390/metabo6010008

Ezran, C., Karanewsky, C. J., Pendleton, J. L., Sholtz, A., Krasnow, M. R., Willick, J., … Krasnow, M. A. (2017). The mouse lemur, a genetic model organism for primate biology, behavior, and health. Genetics, 206, 651–664. https://doi.org/10.1534/genetics.116.199448

Fauzi, A., & Corebima, A. D. (2016a). Fenomena gagal berpisah, epistasis, dan nisbah kelamin pada Drosophila melanogaster. In Seminar Nasional Biologi 2016 (pp. 283–288). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Fauzi, A., & Corebima, A. D. (2016b). Pemanfataan Drosophila melanogaster sebagai organisme model dalam mempelajari Hukum Pewarisan Mendel. In Seminar Nasional Biologi 2016 (pp. 372–377). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Fauzi, A., & Corebima, A. D. (2016c). Pemanfataan Drosophila melanogaster sebagai organisme model dalam mengungkap berbagai fenomena penyimpangan rasio Mendel. In Seminar Nasional Biologi 2016 (pp. 278–282). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Fauzi, A., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2016). The utilization of ferns as a model organism for studying natural polyploidization concept in genetics course. In International Conference on Education (pp. 51–58). Malang: Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ice/article/download/11/8

Govind, P. (2011). Model organisms used in molecular biology or medical research. International Research Journal of Pharmacy, 2(211), 62–65. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/c116/adf3a92ca28428bf8eec8cbecd15893f6af7.pdf

Hopkins, W. G., & Huner, N. P. A. (2009). Introduction to plant physiology. Danvers: John Wiley & Sons, Inc.

Jeibmann, A., & Paulus, W. (2009). Drosophila melanogaster as a model organism of brain diseases. International Journal of Molecular Sciences, 10(2), 407–440. https://doi.org/10.3390/ijms10020407

Johnstone, A. H. (1991). Why is science difficult to learn? Things are seldom what they seem. Journal of Computer Assisted Learning, 7, 75–83.

Klug, W. S., Cummings, M. R., Spencer, C. A., & Palladino, M. A. (2012). Concepts of Genetics (10th ed.). San Francisco: Benjamin Cummings.

Koornneef, M., & Meinke, D. (2010). The development of Arabidopsis as a model plant. Plant Journal, 61(6), 909–921. https://doi.org/10.1111/j.1365-313X.2009.04086.x

Lewin, B. (2008). Genes IX. Sudbury: Jones and Bartlett Publishers.

Mehltreter, K., Walker, L. R., & Sharpe, J. M. (2010). Fern ecology. Cambridge: Cambridge University Press.

Miransari, M., & Smith, D. L. (2014). Plant hormones and seed germination. Environmental and Experimental Botany, 99, 110–121. https://doi.org/10.1016/j.envexpbot.2013.11.005

Movahedzadeh, F., Patwell, R., Rieker, J. E., & Gonzalez, T. (2012). Project-based learning to promote effective learning in biotechnology courses. Education Research International, 2012, 1–8. https://doi.org/10.1155/2012/536024

Norton, W., & Bally-Cuif, L. (2010). Adult zebrafish as a model organism for behavioural genetics. BMC Neuroscience, 11. https://doi.org/10.1186/1471-2202-11-90

Požgajová, M., Androvič, P., & Trakovická, A. (2015). Schizosaccharomyces pombe as a model organism for studies of chromosome segregation. Acta Fytotechn. Zootechn, 18(2), 49–52. https://doi.org/10.15414/afz.2015.18.02.49

Reece, J. B., Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V., & Jackson, R. B. (2011). Campbell Biology, Ninth Edition. San Francisco: Pearson Benjamin Cummings.

Sarvaiya, V. N., Sadariya, K. A., Rana, M. P., & Thaker, A. M. (2014). Zebrafish as model organism for drug discovery and toxicity testing: A review. Veterinary Clinical Science, 2(3), 31–38. Retrieved from http://www.jakraya.com/journal/pdf/4-vcsArticle_1.pdf

Snustad, D. P., & Simmons, M. J. (2012). Genetics. New Jersey: Wiley.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA