Potensi sisa minuman sebagai penyedia nutrisi tanaman sebagai usaha pengoptimalan laju pertumbuhan Ipomoea reptans Poir.

Melinda Harahap, Mely Yuliana, Laili Nur Ashlihatina, Anis Nur Afifa, Mareta Fitrianingsih, Zulvida Indra Dewi

Abstract


Pola pengembangan usaha tani yang bersifat sampingan dan perawatan kurang intensif terutama dalam hal pemupukan yang menjadikan produksi kangkung menurun setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian air teh dan air kopi terhadap pertumbuhan tanaman kangkung. Parameter penelitian yang dikaji pada penelitian ini, yaitu tinggi tanaman, panjang akar, dan jumlah daun. Data yang diperoleh di analisis dengan independent samples t test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa jenis minuman dapat menghasilkan perbedaan pertumbuhan pada parameter jumlah daun [t hitung (9,662) > t tabel (3,060)] dan tinggi batang [t hitung (4,026) > t tabel (3,060)], namun tidak pada parameter panjang akar [t hitung (0,134) < t tabel (3,060)]. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa sisa minuman dapat digunakan sebagai air untuk penyiraman tanaman karena dampak positif yang diperlihatkan pada studi ini.

Full Text:

PDF

References


Adikasari, R. (2012). Pemanfaatan ampas teh dan ampas kopi sebagai penambah nutrisipada pertumbuhan tanaman tomat (Solanum lycopersicum) dengan media hidroponik.

Rahmadsyah. (2015). Pengaruh air leri, air teh basi dan air kopi sebagai larutan nutrisi alternatif terhadap budidaya bayam merah (Alternanthera amoena Voss) dengan metode NFT (Nutrient Film Technique).

Sudarsono Efendi Sofyan, Melya Riniarti, dan D. (2014). Pemanfaatan limbah teh, sekam padi, dan arang sekam sebagai media tumbuh bibit Trembesi (Samanea saman). Sylva Lestari, 2(2), 61–70.

Suyata, I. (2009). Penurunan kadar amonia, nitrit, dan nitrat limbah cair industri tahu menggunakan arang aktif dari ampas kopi. Molekul, 4(2), 105–114.

Wardianti, Y. (2015). Pengaruh pemberian kompos limbah kulit kopi terhadap pertumbuhan tanaman kangkung (Ipomoea reptans. Poir). Jurnal Perspektif Pendidikan, 9(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA