Identifikasi preparat gosok tulang femur ayam (Gallus gallus) dengan pewarnaan alami bunga telang (Clitoria ternatea L.)

Sri Wahyuni, Veti Rizky Tosiyana

Abstract


Metode gosok merupakan metode pembuatan preparat untuk mendapatkan sediaan yang sulit diiris (section) dan sediaan dengan ketebalan merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagian-bagian jaringan tulang femur ayam (Gallus gallus), secara mikroskopis melalui preparat gosok tulang dengan teknik perbandingan pewarnaan alami bunga telang (Clitoria ternatea L.). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di Laboratorium Biologi UMM. Metode yang dipakai dalam pembuatan preparat tulang adalah metode gosok. Agar bisa mewarnai lebih jelas maka bunga telang diekstraksi terlebih dahulu dengan pelarut air, Perlakuan yang diberikan adalah dengan menggunakan pewarnaan alami bunga telang (Clitoria ternatea L.).  dengan perbandingan 1:5, 1:10 dan tanpa pewarnaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengamati secara mikroskopis, mengidentifikasi preparat gosok dengan teknik pewarnaan alami bunga telang.  Analisa Data dilakukan secara deskriptif, membandingkan secara naratif dari ketiga perlakuan di atas. Hasil pembuatan preparat gosok femur ayam (Gallus gallus) menunjukkan bahwa pada preparat femur ayam (Gallus gallus).  tanpa pewarnaan dan dengan menggunakan pewarnaan alami bunga telang perbandingan 1:5 dan 1:10 bagian-bagian yang teridentifikasi adalah sistem havers, canalis havers, lamella, dan canalis volkman dan sel osteosit. Sedangkan bagian lakuna, dan kanalikuli masih belum terlihat jelas. Dengan menggunakan pewarnaan alami bunga telang perbandingan 1:5  preparat terlihat lebih jelas.

Full Text:

PDF

References


Gartner. (2007). Histology. New York: MC. Graw Hill Book Company Inc.

Gresby, A. K. P. C. (2013). Pemanfaatan filtrat daun jati muda (Tectona Grandis) sebagai bahan pewarna alternatif pembuatan preparat maserasi batang cincau rambat (Cyclea barbata). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Hartono, MA. (2013). Pemanfaatan ekstrak bunga telang (Clitoria ternatea L.) sebagai pewarna alami es lilin. Skripsi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Risnanto & Uswatun, I. (2014). Buku ajar asuhan keperawatan medikal bedah: Sistem muskulus keletal. Yogyakarta: Deepublish.

Suntoro, S. H. (1983). Metode pewarnaan histologi dan histokimia. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Wahyuni, S. (2009). Pengaruh lama perebusan terhadap kualitas preparat gosok tulang femur ayam. Laporan Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi UMM. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Wahyuni, S. (2015). Identifikasi preparat gosok tulang (bone) berdasarkan teknik pewarnaan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 657-666). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA