Pembentukan karakter peduli lingkungan sejak dini melalui program konservasi TAOBAT di TK Labschool UNNES

Sri Wiji Handayani

Abstract


Flora di Indonesia harus dilestarikan untuk melestarikan dibutuhkan kepedulian sejak dini. Peduli lingkungan merupakan pengembangan karakter yang ditanamkan sejak usia dini kepada anak didik TK labschool Unnes dari tahun 2010 sampai sekarang. Pembentukan karakter Peduli Lingkungan di TK Labschool Unnes akan diuraikan dalam makalah Pembentukan Karakter Peduli lingkungan Melalui Program Konservasi Taobat. Taobat merupakan akronim dari tanaman obat. Pengambilan data dilakukan melalui observasi/pengamatan terhadap perilaku anak dan dokumentasi saat kegiatan berlangsung dalam penerapan program konservasi serta wawancara. Berbagai program konservasi Taobat antara lain dilakukan dengan pembuatan kelompok kelas menggunakan nama taobat, menanam taobat, mengetahui manfaat tanaman obat dan pembiasaan mengkonsumsi taobat. Hasil menunjukkan bahwa melalui program konservasi taobat yang dinyatakan Pembentukan karakter Peduli Lingkungan Melalui Program konservasi Taobat di TK Labschool Unnes ini memberikan efek yang baik untuk karakter anak didik akan kepeduliaanya terhadap Lingkungan. Sebagian besar atau 85%  Anak didik TK Labschool Unnes dapat menanam, memelihara dan 75%  memanfaatkan tanaman obat melaui program konservasi taobat.

Full Text:

PDF

References


Budhiman, A. (2017). Gerakan penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Kemendikbud RI.

Fajar, E. (2017). Implementasi pendidikan peduli lingkungan melalui pembelajaran Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar Muhammadiyah Alam Surya Mentari tahun sjaran 2016/2017. Jurnal PPS Unimed. Retrieved from http://jurnal.pps.unimed.pdf

Masyarakat desa Sirnarasa. (2008). Tumbuhan obat melestarikan kekayaan sumber daya alam dan kearifan Lokal. Jawa Barat: Yayasan Peduli Konservasi Alam.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2015). Kurukulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jakarta: Mendikbud.

Mukminin, A. (2010). Strategi pembentukan karater peduli lingkungan di sekolah wiyata mandiri. Jurnal Unimed. Retrieved from http://jurnal.unimed.pdf

Panduan pelaksanaan pendidikan karakter, pusat kurikulum dan perbukuan, (2011).

Zainuddin, H. M. (2014). Membentuk karakter peduli lingkungan dengan mode pembelajran inquiri. E jurnal unisba.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA