Kecenderungan mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Biologi dalam memilih jenis dan bidang penelitian skripsi: Sebuah studi teori grounded

Shoimatun Febriyani, Lely Mardiyanti, Hadi Suwono

Abstract


Kecenderungan mahasiswa pada program studi pendidikan biologi dalam memilih jenis dan bidnag penelitian skripsi merupakan sebuah studi teori grounded. Tugas tridharma perguruan tinggi salah satunya adalah melakukan penelitian. Mahasiswa sebelum menyandang sarjana harus menulis karya ilmiah atau melakukan penelitian dan ditulis dalam bentuk skripsi. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui dan menemukan kecenderungan mahasiswa pada program studi pendidikan biologi dalam memilih jenis penelitian skripsi; (2) Mengetahui dan menemukan kecenderungan mahasiswa pada program studi pendidikan biologi dalam memilih bidang penelitian skripsi; (3) Menganalisis dan menemukan motif mahasiswa pada program studi pendidikan biologi dalam kecenderungan memilih jenis penelitian skripsi; (4) Menganalisis dan menemukan motif mahasiswa pada program studi pendidikan biologi dalam kecenderungan memilih bidang penelitian skripsi. Jenis penelitian adalah grounded theory. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan 25 mahasiswa program studi biologi di Universitas Negeri Malang yang sedang dan telah menempuh penelitian skripsi. Penelitian ini dilakukan wawancara secara privat dengan partisipan dengan wawancara semiterstruktrur. Hasil Analisisnya menunjukkan Mahasiswa pendidikan biologi cenderung memilih penelitian pengembangan karena banyak motif yang mendukung keputusan pemilihan tersebut lebih banyak dibandingkan motif yang mendukung keputusan pemilihan penelitian skripsi jenis quasi eksperimen dan PTK.

Full Text:

PDF

References


Atkinson R.T., & Richard C.A. (2002). Pengantar psikologi. Jakarta: Erlangga.

Frascati Manual (OECD). (2002). Proposed standard practice for surveys on research and eksperimental development. Retrieved from www.oecd.library.-org

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi

McGuire, J., & Priestly, P. (1985). Offending behaviour: Skills and stratagems for going straight. London: Batsford Academic and Educational Press.

Ngalim, M.P. (2013). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Muhammadiyah Malang, Terakreditasi A, Tersertifikasi Internasional AUN-QA