ANALISIS KESALAHAN KONSEP LAGU ANAK-ANAK PADA PENDIDIKAN KARAKTER BUKU GURU KELAS 1-6 DI SD

Arina Restian

Abstract


Penanaman konsep lagu anak-anak turun-temurun pada generasi muda sehingga tidak disadari dapat melemahkan pendidikan karakter. Kegiatan pembelajaran seni budaya yang dilakukan di sekolah dasar sudah mengacu pada buku guru. Oleh karena itu, kualitas buku guru seharusnya dapat mengarahkan para guru untuk menanamkan konsep lagu anak-anak dengan benar. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa dalam buku guru masih terdapat kesalahan konsep lagu anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan konsep lagu anak-anak berbasis pendidikan karakter pada buku guru kelas 1-6 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan mengunakan rancangan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah analisis data sebagai berikut: (1) menelaah semua data yang ada di buku guru, (2) mentranskripkan data kesalahan konsep lagu anak-anak dalam buku guru, dan (3) melakukan verifikasi (penarikan kesimpulan) dari data yang sudah diklasifikasikan dan ditranskripkan pada penyajian/paparan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan konsep lagu anak-anak pada pendidikan karakter buku guru kelas 1-6 SD (lagu berjudul Abang Tukang Bakso, Pelangi-Pelangi, Dua Mata Saya, Bintang Kecil, Aku Seorang Kapiten, Burung Kutilang, Naik Kereta Api, dan Air) dan kesalahan konsep lagu daerah untuk anak-anak pada pendidikan karakter buku guru kelas 1-6 SD (lagu berjudul Ayo Mama, Injit-injit Semut, dan Ampar-ampar Pisang).

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2007. Meaningful Learning Re-Invensi Kebermaknaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S,. 1987. Tes Prestasi. Yogyakarta: Liberty.

Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 2003. Educational Research, An Introduction. Fourth Edition. New York: Longman.

Edmund Prier, Karl. 1993. Sejarah Musik Jilid 1 dan 2. Yogyakarta : Pusat Musik Liturgi.

Kemendiknas no.50. 2010. Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter. Depdikbud RI.

Kementerian Pendidikan Nasional, dalam Suryadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Permendikbud No. 65 th 2013 tentang standar proses pada kurikulum 2013. Depdikbud RI. 2013.

Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pradoko, Susilo. 1998. Teori Musik Dasar. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Ryan, Kevin dan Karen E. Bohlin. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: JOSSEY-BASS A Wiley Imprint.

Saukah, A., (Ed). 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suryabrata, S. 1993. Metodologi Penelitian. Jakarta : CV. Rajawali.

Suyata. 2011. “Pendidikan Karakter: Dimensi Filosofis”, dalam Darmiyati Zuchdi (ed.). 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Usman, M. U. 2001, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosda Karya.

Wicaksono, HY. 1998. Ilmu Bentuk Analisis Dasar. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Uniersitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.