KARYA SASTRA ASING “LITTLE WOMEN” NOVEL KLASIK KARYA LOUISA MAY ALCOTT SEBAGAI SEBUAH SARANA ALTERNATIF BAGI PENDIDIKAN KARAKTER REMAJA INDONESIA

Widyarini Susilo Putri

Abstract


Pendidikan karakter bisa didapatkan dalam berbagai cara, salah satunya melalui media karya sastra. Sastra yang merupakan bagian dari budaya dan cerminan masyarakat yang tidak hanya memproyeksikan fenomena dalam masyarakat tersebut, namun juga bisa menjadi media belajar. Dalam hal ini dibutuhkan karya sastra yang sarat akan pesan moral dan mampu mengusung ke-18 pendidikan karakter yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia. Novel Little Women karya Louisa May Alcott merupakan novel klasik Amerika yang berumur hampir 2 abad dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Novel yang menampilkan 4 karakter anak yang berbeda-beda membuat novel ini tepat untuk dijadikan contoh atas kemajemukan karakter yang ada di Indonesia. Penggunaan novel asing bermanfaat untuk memperluas khasanah keilmuan generasi muda bangsa, diamana kemampuan ini akan berguna bagi pengembangan aspek psikomotor yang mana berakar pada aspek kognitif dan afektif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan eksplorasi data, dimana data penelitian berupa novel Little Women karya L.M. Alcott. Teknik analisis data melalui cara kualitatif dimana dilakukan dengan cara membaca, memaknai, dan kemudian untuk idambil kesimpulan. Penelitian ini digunakan untuk memperkaya metode pengembangan pendidikan karakter yang telah ada. Memberikan alternatif penggunaan karya sastra asing semata-mata untuk kepentingan kemajuan bangsa yang mana dikendalikan dengan berpegang pada nilai luhur Pancasila sebagai pandangan hidup.

Full Text:

PDF

References


Alcott, Louisa. (1868). Little Women. Boston, Massachusetts: Robert Brothers.

Creswell, John W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Second Edition. California: Sage Publications, Inc.

Escarpit, Robert. (1971). Sociology of Literature. 2d ed. Translated by Ernest Pick. London: Cass.

Goldmann, Lucien. (1980). Essays on Method in the Sociology of Literature. Translated and edited by William Q. Boelhower. USA: Telos Press.

Ismail, Manal. (2008). Literature is The Mirror of Society. GulfNews.com.

Karsidi, Rafiq. (2007). Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Sindunata.

Kluckhonh, C. (1962). Universal Categories of Culture. Chicago: University of Chicago Press.

Koentjaraningrat (2000). Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Radar Jaya Offset.

Lexy J. Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Cetakan keduapuluh dua, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyadi. (2013). Kementerian Pendidikan Nasional dalam Strategi Pemebelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Teeuw, A. (1984). Sastera dan Ilmu Sastera, Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.