PERMAINAN MOTORIK UNTUK SEKOLAH DASAR

Setiya Yunus Saputra

Abstract


Dengan memperhatikan tumbuh kembang serta kematangan anak yang terus melaju dengan cepat, pendidikan jasmani menjadi sarana utama untuk mengembangkan motorik siswa. Mengingat bahwa usia anak-anak adalah usia bermain, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah permainan dari hasil memodifikasi beberapa permainan guna menyesuaikan dengan gerak motorik siswa Sekolah Dasar. Selain itu, langkah ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan gerak dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan (research and development) dari Arikunto (2007) yang terdiri dari tujuh langkah, yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan Pengukuran kebutuhan, (2) Perencanaan (3) Pengembangan draft produk (4) Uji coba lapangan awal. (5) Merevisi hasil uji coba. (6) Uji coba lapangan. (7) Penyempurnaan produk. Setelah melalui tahapan uji ahli dan beberapa revisi, penelitian ini menghasilkan 6 permainan antara lain Match Ball, crawl shooter, speed bowling, Healty Heart, Traditional game dan Balancing. Semua permainan tersebut dikemas menjadi satu dalam Monopoly skill game. Permainan ini menjadi salah satu langkah strategi penguatan lima karakter dalam pendidikan yaitu nasionalisme, integritas, kemandirian, religius dan gotong royong yang dapat membentuk nilai-nilai karakter positif yakni rasa tanggung jawab, adil, jujur, peduli dan rasa hormat.

Full Text:

PDF

References


Borg, W.R. & Gall, M.D. 2003. Educational Research, An Introduction. Fourth Edition. New York: Longman.

Endah. perkembangan Motorik Anak. http//parentingislami.wordpress.com (http://www.negeripesona.com/2015/10/jumlah-penduduk-indonesia-dan-daftar-5.html).

Evi, Ari Mariani. 2008. Bermain dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini (Artikel). Diakses dari http://deviarimariani.com/2008/06/12/bermain-dan­kreativitas-anak-usia-dini/. Pada tanggal 10 Desember 2016. Jam 02.00 WIB.

Nurhayai, Simatupang. 2005. Bermain sebagai Upaya Dini Menanamkan Aspek Sosila Bagi Bagi SIswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 3, (1), 14-22.

Permendiknas No. 23 Tahun 2006.

Ristekdikti, 5 Nilai Utama Karakter Prioritas PPK (https://ristekdikti.go.id/siaran-pers-kemendikbud-penguatan-pendidikan-karakter-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional).

Samsudin. 2008. Penbelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (SD/MI). Jakarta: Litera.

Suharsismi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.