REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MOTIF KAIN SASIRANGAN KHAS ETNIK BANJAR DI KALIMANTAN SELATAN

Noor Leha

Abstract


Sasirangan merupakan jenis kain khas etnik Banjar di Kalimantan Selatan. Sasirangan ini menjadi salah satu hasil kebudayaan masyarakat Banjar yang masih bertahan dan dikembangkan di Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan karakter yang terdapat pada motif kain sasirangan, meliputi aspek, yaitu 1) religus, 2) nasionalis, 3) mandiri, 4) gotong royong, dan 5) integritas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan semiotik untuk mengungkapkan makna dari motif kain sasirangan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Sumber data dalam penelitian ini berupa beberapa motif yang terdapat pada kain sasirangan khas etnik Banjar. Data penelitian ini berupa simbol atau lambang pada motif kain sasirangan etnik khas Banjar yang memiliki makna tertentu berkaitan dengan pendidikan karakter. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan identifikasi, interpretasi kemudian analisis sesuai dengan aspek pendidikan karakter yang terdapat pada kain sasirangan khas etnik Banjar. Hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut. Memahami makna motif kain sasirangan dapat menjadi upaya dalam pembelajaran pendidikan karakter pada anak. Pendidikan karakter tersebut antara lain, 1) keyakinan pada Tuhan, dan 2) bersyukur pada Tuhan, 3) cerdas, 4) akur dan mufakat, 5) kerja keras, 6) mandiri, 7) toleransi, 8) saling menghormati, dan 9) kreatif.

Full Text:

PDF

References


Aisyah Al-Quran dan Terjemah. 2015. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema.

Fatimah, Nurul. 2015. Nilai-Nilai Religius Dalam Novel “Bulan Terbelah Di Langit Amerika” Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra (Kajian Intertekstual). Jurnal NOSI Volume 2, Nomor 9, Februari 2015. Halaman 119-124.

Ganie, Tajuddin Noor. 2014. Sasirangan Kain Khas dari Tanah Banjar. Tuas Media: Banjarmasin.

Hasanah. 2013. Implementasi Nilai-nilai Karakter Inti di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomer 2, Juni 2013. FT Universitas Negeri Makassar.

Husaini, Adian. 2010. Pendidikan: membentuk manusia berkarakter dan beradab. Kumpulan Makalah Seminar Nasional “Pendidikan Karakter Membangun Bangsa Beradab”. Oleh Program Studi Pendidikan Umum – Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Pada Rabu, 28 Juli 2010.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Marzuki. 2011. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Makalah disampaikan dalam Seminar Pendidikan Karakter dengan Tema: “Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Proses Pembelajaran Dalam Rangka Mewujudkan Generasi Yang Bernurani, Cendekia, Dan Mandiri,” yang diselenggarakan di Smp Negeri 5 Wates pada hari Senin, 25 Juli 2011.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Seman, Syamiar. 2008. Sasirangan Kain Khas Banjar. Lembaga Pengkajian dan Pelestarian: Banjarmasin.

Siswanto. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Religius. Jurnal Tadrîs Volume 8 Nomer 1 Juni 2013. Hal 91-107 – STAIN Pamekasan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.