PENGEMBANGAN GAGASAN DALAM KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH DENGAN STRATEGI MIND MAPPING SEBAGAI PEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA

Musaffak Musaffak

Abstract


Kemampuan menulis artikel merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa sebagai pembangun pendidikan karakter anak. Dengan menulis artikel ilmiah, mahasiswa dapat meningkatkan kualitas diri mereka di perguruan tinggi. Walaupun demikian, secara faktual mahasiswa sering mengalami kesulitan menulis artikel ilmiah, terutama pada aspek kebahasaan dan teknik menulis. Selain itu, pengkajian artikel ilmiah mahasiswa cenderung tidak konsisten karena tidak sesuai dengan prosedur penulisan artikel ilmiah yang ada. Sementara itu, target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi mind mapping sebagai upaya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menentukan semua artikel ilmiah mahasiswa (satu kelas) sebagai sampel dari sekian banyak artikel ilmiah. Berdasarkan artikel ilmiah tersebut diperoleh data tentang kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah yang kemudian diolah dan dianalisis. Akhirnya, peneliti memperoleh data kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah. Hasil analisis inilah yang dibuat rekomendasi bagaimana menulis artikel ilmiah yang benar bagi mahasiswa. Hasil penelitian ini tentang peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah dengan strategi mind mapping pada aspek penulisan judul, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar rujukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis judul, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar rujukan. Hal itu dibuktikan dengan penulisan judul, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar rujukan menunjukkan adanya kemenarikan, kesesuaian dengan isi artikel, sesuai dengan penulisan ejaan bahasa Indonesia, tepat dalam penggunaan pilihan kata, mencerminkan isi keseluruhan artikel, dan makna yang terkandung dalam bersifat khusus. Pendidikan karakter mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah dapat dibangun melalui nilai kemandirian (aspek kreatif) dan integritas (aspek kejujuran).

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A. 2000. Quantum Leaming: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Adnan, Z. 2005. Merebut Hati Audiens Intemasional: Strategi Ampuh Meraih Publikasi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bermawy, Muttaqin, A., & Hamruni (Eds.). 2009. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pusaka Insan Madani.

Blumner, J.S. 2008. Beyond the Reactive: WAC Programs and the Steps Ahead dalam Joumal on Writing Across the Curriculum. Michigan, USA: University of Michigan.

Haryanto, Ruslijanto, H., & Mulyono, D. 2000. Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah: Buku Ajar untuk Mahasiswa. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Indriati, E. 2006. Menulis Karya Ilmiah: Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kellog, R.T. 2008. Training Writing Skills: A Cognitive Developmental Perspective Journal of Writing Research. USA: Department of Psychology, Saint Louis University.

Nasucha, Y., Rohmadi, M., Wahyudi, A.B., & Kusumawati, Y. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah: Mata Kuliah Wajib Pengembangan Kepribadian. Yogyakarta: Media Perkasa.

Sudarmanto, Y.B. (Ed.). 2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Keprbadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Supadi, Sujito, Yulianto, B.H., & Shobirin, R.M. 2007. Fokus Menyelesaikan Soal-soal Ujian Nasional SMP. Jakarta: PT Kawan Pustaka.

Susi, P. (Ed.). 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Tim Dosen UM. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.