INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MEDIA BERBASIS KOMPUTER DI SEKOLAH DASAR

Kuncahyono Kuncahyono

Abstract


Pola pendidikan karakter tidak hanya dilakukan guru ketika menyampaikan materi di kelas. Guru dalam menyampaikan materi memerlukan alat bantu perantara agar proses penyampaian materi lebih mudah dan tepat sasaran. Salah satu cara tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Media pembelajaran yang dapat digunakan guru selain sebagai perantara juga dapat digunakan sebagai sarana dalam menerapkan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan dan pengetahuan guru dalam menerapkan media pembelajaran berbasis komputer jenis powerpoint presentasi interaktif, kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan media tersebut, dan penerapan pendidikan karakter menggunakan media komputer jenis powerpoint presentasi interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 9 Malang dengan subjek penelitian guru kelas III sampai dengan kelas V yang berjumlah 3 orang. Kemudian teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil temuan penelitian menggambarkan guru-guru sudah mampu menerapkan media komputer jenis powerpoint presentasi interaktif. Tidak ada hambatan yang berarti bagi guru dalam menerapkan pembelajaran powerpoint presentasi berbasis interaktif. Pendekatan pendidikan karakter disampaikan dengan memunculkan konten materi pembelajaran dalam media komputer jenis powerpoint presentasi interaktif yang menunjang keterampilan dan pembiasaan karakter nasionalis dan tanggung jawab.in

Full Text:

PDF

References


Arkün, S. & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Students’ Opinions of the Multimedia Learning Environment. Interactive Educational Multimedia University of Barcelona, (17). (Online), (http://www.raco.cat/index.php/iem/article/viewFile/205357/273895), diakses 22 Agustus 2017

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Fogarty R, 1991. The Mindfull School: How to Integrate the Curricula. Palatine, Illinois: Skylight Publishing, inc.

Gunawan, S. 2009. Analisis kesesuian rencana pembelajaran yang dibuat guru SD dengan pelaksanaan pembelajaran sains. Bandung:Tesis idak diterbitkan

Heinich, R., et.al. 2005. Instructional Media and Technology for Learning. (8th ed). Englewood Cliffts New Jersey: Prentice-Hall

Jamil, Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Kemdikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Peraturan pemerintah No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press

Pribadi, Benny. A. 2011. Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat

Puskur Balitbang Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tematik.

Rochintaniawati, D. 2010. Analisis Kebutuhan Guru dalam Mengembangkan Kurikulum dan Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Bandung: Disertasi tidak diterbitkan

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Usman, U.M. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Karya Rosda


Refbacks

  • There are currently no refbacks.