KONSEP PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA KELAS RENDAH DI SD MUHAMMADIYAH

Ichsan Anshory

Abstract


Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui pemahaman guru tentang pendidikan ramah anak, Implementasi pendidikan ramah anak dan mengetahui kendala serta solusi dalam implementasi pendidikan ramah anak dalam konteks pendidikan karakter. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendiskripsikan, menguraikan, dan mengambarkan tentang implementasi konsep pendidikan ramah anak dalam membangun karakter siswa kelas rendah di SD Muhammadiyah. Dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Pemahaman guru kelas rendah SD Muhammadiyah tentang pendidikan ramah anak dalam konteks membangun karakter siswa secara konsep sudah baik. Namun masih ada beberapa kendala dalam pelaksnaaanya. Implementasi pendidikan ramah anak terhadap karakter siswa kelas rendah di SD Muhammadiyah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan yang ada di sekolah khususnya kelas yang menjadi komponen terkecil dalam implementasi pendidikan. Kendala dan solusi implementasi pendidikan ramah anak dalam pembentukan karakter siswa kelas rendah di SD muhammadiyah adalah bahwasanya sekolah telah mengupayakan berbagai hal maupun kegiatan dalam mengimplementasikan pendidikan ramah anak. Namun masih ada beberapa kendala yang memang tidak diinginkan oleh pihak sekolah. Saran ditujukan pada pihak sekolah agar memperhatikan kondisi kelas, guru serta menunjang segala fasilitas yang dibutuhkan oleh siswa. Untuk pihak guru agar memanfaatkan fasilitas yang ada, melibatkan partisipasi guru dan meningkatkan kompetensi diri.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Ali Ibrahim. 2000. Pendidikan Karakter. USA: Harvard University.

Lickona, 2012. Pendidikan Karakter, Yogyakarta: kreasi Wacana.

Sudarwan Danim (2011). Pengantar Kependidikan Landasan, Teori, dan Metafora Pendidikan: Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen FIP IKIP Malang, 1988. Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

______________ Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.