IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA MELALUI BUDAYA PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESI GURU

Gigit Mujianto

Abstract


Penulisan karya ilmiah merupakan bagian penting dari pembinaan kompetensi profesi guru di sekolah. Setiap guru dituntut mampu menulis karya ilmiah sebagai bentuk berpikir ilmiah dan sekaligus sebagai karya pengembangan profesi yang penyusunannya sarat dengan nilai-nilai karakter utama, yaitu nasionalisme, integritas, dan kemandirian. Penulisan karya ilmiah yang sarat dengan nilai-nilai karakter utama tersebut akan membentuk perilaku guru yang dapat menjadi teladan melalui penyediaan serangkaian aktivitas yang menuntut guru mengunjukkerjakan karakter dirinya selama proses penulisan karya ilmiah. Melalui berbagai aktivitas yang menantang diharapkan guru mampu aktif bekerja keras sehingga secara tidak sadar ia telah berupaya menjadi model terbaik, dan tampil sebagai pribadi yang utuh/kaffah di tengah-tengah upayanya dalam melaksanakan tugas-tugas formal keguruan. Karakter utama yang tumbuh dan dikembangkan melalui pembiasaan sikap atau perilaku terpuji dalam proses penulisan karya ilmiah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru. Lebih dari itu, karakter utama tersebut diharapkan dapat menghadirkan sosok guru yang mampu menjadi panutan dan melaksanakan profesinya secara professional sehingga ia bisa diandalkan untuk memberikan peranan optimalnya dalam upaya membentuk karakter peserta didik khususnya dan karakater manusia Indonesia pada umumnya.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2016. Pembelajaran Menulis dalam Gamitan Pendidikan Karakter. Ditulis dalam Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 1.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jaedun, Amat. 2010. ”Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah” Makalah Disampaikan pada Pelatihan ”Penulisan Karya Tulis Guru” di SLB Negeri 3 Yogyakarta Tanggal 14 Desember 2010.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, 2017. ”Siaran Pers Kemendikbud: Penguatan Pendidikan Karakter, Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional” (online) https://ristekdikti.go.id/siaran-pers-kemendikbud-penguatan-pendidikan-karakter-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional/ (diakses 18 September 2017)

Sanaky, Hujair AH. 2005. ”Sertifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan”, Ditulis dalam Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, 2 Mei 2005.

Sauri, H. Sofyan. 2010. ”Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai”, Ditulis dalam Jurnal Pendidikan Karakter, Volume 2, Nomor 2.

Suparno, Paul. 2004. Pendidikan dan Peran Guru. Dalam Tonny D. Widiastono (Ed.), Pendidikan Manusia Indonesia (hlm. 124-143). Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Tim Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2016. Bahasa Indonesia untuk Karangan Ilmiah. Malang: UMM Press.

Tompkins, Gail E. & Kenneth Hoskisson. 1991. Language Arts, Content and Teaching Strategies. New York: Macmillan Publishing Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.