PENGUATAN KARAKTER MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU (STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU)

Asrofi Asrofi

Abstract


Penguatan karakter merupakan aspek penting dalam pembelajaran ekstrakurikuler teater karena dalam kegiatan tersebut melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguatan karakter melalui strategi pembelajaran ekstrakurikuler teater di SMP Muhammadiyah 8 Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif-kualitatif karena datanya berupa kata-kata tertulis, lisan, dan perilaku  siswa yang  dapat diamati dan menunjukan penguatan karakter. Data dalam penelitian ini berupa hasil wawancara terstruktur dengan siswa SMP Muhammadiyah 8 Batu yang mengikuti kegiatan ekstrakuriler teater. Analisis data dilakukan melalui empat prosedur utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian diperoleh informasi tentang penguatan  karakter melalui strategi pembelajaran ekstrakurikuler teater di SMP Muhammamadiyah 8 Batu  berupa kegiatan:  (1) kosentrasi, (2) pemanasan, (3) pengolahan gerak, (4) seni peran, dan (5)  penggarapan naskah untuk pertunjukan. Keseluruhan aktivitas ini memberikan pengalaman, perubahan perilaku,  serta mampu membentuk karakter siswa menjadi mantap.hal ini ditunjukan dengan sikap religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Full Text:

PDF

References


Dahliayana Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Sosioreligi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gintings, Abdurahman.2008. Esensi Praktis, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Anggota IKAPI.

Hanafiah, Nanang dan Suhana Cucu. 2010. Konsep Stategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Harymawan, RMA. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Isnaini Lukluk Rohmatun. 2016. Penguatan Pendidikan Karakter Siswa melalui Manajemen Bimbingan dan Konseling Islam. Managerial: Jurnal Pendidikan Islam.Yogyakarta. Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembejaran Konstekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Padmodarya, Pramana. 1987. Tata dan Teknik Pentas. Jakarta: Balai Pustaka.

Saban. Baharudin. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan ISMUBA dalam Membentuk Pengamalan Ibadah Sholat. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Solihatin Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sundary, Dadang Iskandarwassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.