PENGUATAN NILAI KARAKTER CINTA LINGKUNGAN MELALUI KARAKTERISASI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ELIANA KARYA TERE LIYE

Arif Setiawan

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan penguatan nilai karakter cinta lingkungan melalui karakterisasi tokoh utama dalam novel Eliana karya Tere Liye. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa paragraf, sekuen cerita, bagian kalimat, dan dialog cerita yang menggambarkan sikap peduli terhadap lingkungan. Sumber data data dalam penelitian ini adalah novel Eliana karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi atau studi kepustakaan. Model analisis data yang digunakan adalah flow model of analysis yang prosesnya dilakukan dengan langkah-langkah (1) penyeleksian data, (2) pemaparan data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel Eliana memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan lingkungan yang berada di sekitarnya. Sekuat tenaga tokoh utama mencoba mempertahankan lingkungan di sekitarnya demi menjaga kelangsungan kehidupan dalam jangka waktu yang panjang.

Full Text:

PDF

References


Andayani, T. (2015). Rekonstruksi Akhlak Bangsa melalui Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Menengah Pertama. In Seminar Nasional Sastra, Pendidikan Karakter, dan Industri Kreatif. Surakarta.

Cresswell. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Endraswara, S. (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Medpress.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Liye, T. (2011). Eliana. Jakarta: Republika.

Moleong, L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidiikan Karakter (online). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.

Ratna, N. K. (2007). Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samani, M. dan H. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryaman, M. (2011). Apresiasi Karya Sastra di dalam Kegiatan Bersastra: Suatu Analisis Materi Bahasa Indonesia untuk Madrasah Aliyah. Jakarta: PPM Departemen Agama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.