Permasalahan Pendidikan Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19

Lingga Dwi Setiawan

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran dari waktu ke waktu mengalami beragam dinamika. Salah satunya adalah pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Hal itu disebabkan oleh adanya perubahan desain pelaksanaan pembelajaran yang perlu disesuaikan dengan protocol kesehatan sehingga pembelajaran untuk sementara waktu tidak dapat seluruhnya dilaksanakan secara luring. Berdasarkan hal itu, artikel ini bertujuan mendeskripsikan tiga hal, yaitu (1) fenomena pembelajaran pada masa pandemi, (2) permasalahan pembelajaran pada masa pandemi, serta (3) strategi mengatasi permasalahan pembelajaran selama masa pandemi. Berdasarkan hal itu, terdapat beragam fenomena pembelajaran pada masa pandemi. Selain itu, juga terdapat permasalahan-permasalahan pembelajaran selama masa pandemi ini. Fenomena dan permasalahan tersebut terjadi karena adanya dinamika pembelajaran yang timbul akibat pandemi sehingga membutuhkan berbagai penyesuaian agar pembelajaran tetap dapat dilaksanakan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi-strategi untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu revitalisasi paradigm Pancasila, rekonstruksi sistem-sistem dalam berbagai aspek kehidupan, serta pelaksanaan tindakan teknis yang sesuai. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dinamika pembelajaran beserta dengan fenomena dan permasalahannya perlu dicermati dan dicari strategi untuk mengatasinya agar tujuan pembelajaran tetap tercapai dalam setiap keadaan dan kendala yang muncul.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.