Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital

Wisnu Surya Wardhana

Abstract


Dalam penggunaan media digital khususnya guru merupakan pengguna aktif. Kompetensi digital dilingkungan sekolah masih tergolong sangat sedikit. Revolusi industri generasi keempat telah lahir Era 4.0 ini membuat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak cepat dan canggih. Informasi yang cepat dan berlimpah dapat dimanfaatkan oleh seseorang untuk mengembangkan potensi diri termasuk dalam dunia pendidikan khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Literasi digital khususnya guru mempunyai banyak manfaat misalnya mendapatkan informasi, mengunggah hasil kerja, membuat media digital dll. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia kompetensi guru dalam literasi digital menjawab tantangan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era 4.0 sedangkan harapan yang dicapai dalam bahasa Indonesia berbasis literasi digital adalah guru menjadi lebih melek teknologi, mempermudah kerja guru, dan memperluas pengetahuan peserta didik. Subyek dari penelitian ini adalah para guru dan pelajar dilingkungan sekolah. Pentingnya pengembangan kompetensi guru ini khususnya literasi digital yang memberikan dampak positif bagi pemahaman dan ketrampilan dalam menggunakan media digital khususnya untuk media pendidikan. Literasi digital tersebut beberapa guru khususnya guru yang sudah lansia belum paham secara efektif dalam memanfaatkan media informasi digital. Oleh karena itu pembelajaran digital perlu diterapkan karena solusi praktis untuk membangun kompetensi literasi digital bagi guru yang memiliki karakter SDM yang unggul dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.