Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi

Anisa Ulfah

Abstract


Akibat pandemi COVID-19, proses penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dilakukan secara daring. Berbagai sarana komunikasi yang diperlukan dalam pembelajaran akhirnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk tetap memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi mahasiswa. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya intensitas penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa. Hal ini dijadikan sebagai peluang untuk memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di masa pandemi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan rencana pemanfaatan, cara pemanfaatan, serta tantangan pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Rencana pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran dilakukan dengan tahap (a) menentukan tujuan pembelajaran, (b) menyiapkan materi pembelajaran, serta (c) merencanakan instrumen penilaian. Cara pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dapat dilakukan dengan pemberian tugas terstruktur melalui kegiatan (a) berkarya menghasilkan video, gambar, atau infografik, serta (b) membuat jurnal menulis dan membaca. Adapun tantangan yang dihadapi pendidik dalam pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran adalah pendidik harus menyiapkan diri untuk mau ‘melek’ teknologi serta harus terus meningkatkan kemampuan dan keterampilannya secara kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan Iptek agar dapat menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa milenial.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.