Peningkatan kualitas pembelajaran bahasa dan sastra di masa pandemi dengan pendekatan Classroom Climate Inventory

Rahmi Hasanah

Abstract


Ketika dilaksanakan proses pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas VII, VIII dan IX, siswa MTs Kebuh Bunga mengikuti kegiatan ini dengan baik. Tetapi begitu mereka diberikan kesempatan untuk mengevaluasi pembelajaran, maka ada beberapa temuan yang sangat penting. Pandangan mereka; Zoom, WhatsApp, dan Google Classroom memiliki kelebihan dan kelemahan yang banyak. Menurut mereka, media Discord yang lebih efektif untuk proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Zoom meskipun kelebihannya siswa dapat bertatap langsung dengan guru, tetapi biaya kuota bagi siswa mahal dan waktu yang digunakan sangat singkat. WhatsApp bentuk pembelajaran terjadi tetapi tidak ada pemahaman konsep yang didapat oleh siswa. Sedang Google Classroom, hanya sebagai media untuk kumpul tugas dan bukti tanda kehadiran siswa. Untuk menutup kelemahan di atas guru biasanya menggunakan link You Tube, terutama konsep-konsep yang belum tuntas dipahami siswa. Tetapi begitu dilaksanakan proses pembajaran dengan aplikasi Discord. Siswa merasa proses pembelajaran Jarak Jauh tidak ada perbedaan dengan proses pembelajaran tatap muka sesunguhnya, karena siswa dapat bertanya sesuatu konsep yang tidak dapat dipahami, dapat melihat guru dan teman lain dalam waktu yang sama, dalam jumlah siswa yang banyak dan biaya yang dikeluarkan oleh siswa dan sekolah juga tidak terlalu mahal. Ada sesuatu yang terpenting dalam proses pandemi ini yang harus diperhatikan dalam menjaga kualitas pembelajaran, yaitu guru perlu menggunakan inventori untuk melihat kelas sesungguhnya itu bagaimana?, meskipun bentuknya jarak jauh, yaitu partisipasi aktif siswa, keikutsertaan dalam mengenal temannya di kelas, orientasi tugas, kepuasan, inovasi dan kemampuan individual. Dari berbagai dimensi itu, diketahui apa yang terpenting dalam proses pebelajaran dan tentu kualitas yang diharapkan dapat tercapai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.