Pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap hasil belajar pada mata kuliah sosiolinguistik materi alih dan campur kode

Al Ashadi Alimin, Hariyadi Hariyadi

Abstract


Menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, menarik dan menyenangkan merupakan suatu tantangan bagi tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas. Metode discovery learning hadir sebagai salah satu solusi pembelajaran yang berorietasi pada siswa (student centered learning) yang dapat diterapkan oleh tenaga pendidik guna meraih hasil belajar peserta didik secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap hasil belajar mata kuliah sosiolinguistik pada materi alih dan campur kode. Rancangan penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Sampel diambil secara acak menggunakan teknik random sampling, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak yang berada di semester VI, sedangkan sampel penelitian melibatkan dua kelas ( kelas A Pagi ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas B Pagi digunakan sebagai kelas eksprimen). Data dikumpulkan menggunakan teknik pengukuran dengan instrumen berupa tes esai. Analisis data menggunakan SPSS dengan T-Test. Berdasarkan hasil uji hipotesis t-test dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil belajar kelas eksprimen yang menerapkan metode discovery learning dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yang menerapkan pengajaran menggunakan metode konvensional (ceramah daan penugasan). Hasil belajar di kelas eksprimen diperoleh nilai rata-rata 79,82, sedangkan hasil belajar di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata mahasiswa 72,62.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.