Bentuk-bentuk kegelisahan hati tokoh utama dalam Naskah Drama Orang Kasar Karya Anton Chekov Saduran W. S. Rendra

Putri Mayang Kartika

Abstract


Karya sastra tercipta sebagai hasil dari fenomena atau suatu peristiwa yang terekam oleh jiwa pengarang. Karakter tokoh dalam karya sastra merupakan unsur terpenting yang dihadirkan pengarang ke dalam karyanya. Meliputi keadaan batin dan kejiwaan yang akan mencerminkan lakuan tokohnya, terutama dalam naskah drama. Psikologi sastra mempelajari dan memahami sisi kedalaman kejiwaan manusia secara jelas dan luas. Pembahasan dalam psikologi masalah manusia yang menggambarkan potret jiwa pengarang melalui para tokohnya. Naskah drama Orang Kasar menjadi salah satu naskah drama yang menggambarkan potret jiwa manusia, salah satunya adalah menghadirkan wujud kegelisahan objektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) bentuk-bentuk kegelisahan objektif tokoh utama dalam naskah drama Orang Kasar karya Anton Chekov saduran W.S. Rendra; (2) dampak yang ditimbulkan akibat kegelisahan objektif yang dialami tokoh utama dalam naskah drama Orang Kasar karya Anton Chekov saduran W.S. Rendra. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, pendekatan psikologi sastra, serta dengan menggunakan teknik analisis isi, sehingga diperoleh informasi yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk kegelisahan objektif tokoh utama dalam naskah drama Orang Kasar karya Anton Chekov saduran W.S. Rendra adalah takut keluar rumah, membatasi interaksi sosial, dan perasaan tidak tenang; (2) dampak yang ditimbulkan akibat kegelisahan objektif tokoh utama dalam naskah drama Orang Kasar karya Anton Chekov saduran W.S. Rendra adalah tidak merasa aman serta mengalami kesepian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.