NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN

Diana Putri

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai pendidikan karakter berupa nilai pendidikan sosial (2) nilai-nilai pendidikan karakter berupa nilai pendidikan agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan berupa pendekatan sosiologi yang berperan untuk menggali nilai-nilai pendidikan karakter yang disajikan oleh pengarang. Data dalam penelitian ini berupa kutipan kalimat, paragraf yang berkaitan dengan fokus penelitian. Sumber data adalah novel Ibuk karya Iwan Setyawan. Analisis data yang digunakan adalah content analysis, dengan langkah sebagai berikut. (1) mendeskripsikan data yang sudah dicatat; (2) Mengklasifikasikan data sesuai dengan teori; (3) Menganalisis data berdasarkan klasifikasi yang ditemukan; (4) Menginterpretasikan data yang sudah dianalisis; (5) Menarik simpulan dan menulis laporan penelitian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan yaitu; (1) Nilai-nilai pendidikan sosial, yang mencakup kasih sayang, sabar, dan pekerja keras (2) Nilai-nilai pendidikan agama yaitu, berdo’a sebelum melakukan kegiatan dengan melibatkan Tuhan dan Orang Tua. Dari keseluruhan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel ini, sangat bermanfaat digunakan untuk pembentukan karakter manusia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.