INTERELASI KETERAMPILAN BERBICARA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Syahrotul Latifah

Abstract


Bahasa merupakan sebuah disiplin ilmu yang termasuk dalam rumpun sosial-humaniora, karena berdasarkan fungsinya bahasa digunakan sebagai sarana sosialisasi dan komunikasi antar manusia sebagai bagian dari sebuah kehidupan. Manusia membutuhkan komunikasi, dengan syarat terdapat seorang komunikan dan komunikator. Berdasarkan hal tersebut, tampak bahwa seluruh kehidupan manusia pasti membutuhkan manusia yang lain khususnya dalam hal berkomunikasi. Seorang manusia harus mempunyai keterampilan berbicara yang sesuai dengan kaidah kebahasaan dan norma kebahasaan yang berlaku dalam masyarakat, agar memiliki keterampilan berbicara yang elok, seorang manusia menempuh sebuah pendidikan dan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan komunikasi. Proses pembelajaran bahasa Indonesia terpusat dalam empat keterampilan berbahasa salah satunya adalah keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara menjadi keterampilan terpenting yang harus dimiliki oleh peserta didik, karena salah satu penyampaian informasi yang mudah dan murah adalah dengan berbicara, tetapi tetap dengan memperhatikan kaidah kebahasaan dan norma yang berlaku. Menuju kesiapan Indonesia di era society 5.0, kemampuan komunikasi harus ditingkatkan menjadi dua kali lipat, karena cakap berkomunikasi tidak hanya akan dilakukan dengan masyarakat satu negara saja, akan tetapi dalam lintas negara karena semakin berkembangnya dan digagasnya teknologi di era indutri 4.0 harus semakin memanusiakan manusia yang ada di era society 5.0.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.