BERMAIN AUR KEMBAR (BAR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SASTRA PADA PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN KEPULALUAN YAPEN PAPUA (POTENSIKEARIFANLOKAL)

St. Na’at St. Na’at

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan desain model pembelajaran “Bermain Aur Kembar” dalam menulis sastra siswa pada pendidikan dasar, 2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran “Bermain Aur Kembar” dalam menulis sastra siswa pada pendidikan dasar, dan (3) mendeskripsikan efektivitas implementasi model pembelajaran “Bermain Aur Kembar” dalam meningkatkan kreativitas siswa menulis sastra pada pendidikan dasar. Masalah yang dibahas mengenai bermain aur kembar dapat meningkatkan kemampuan menulis sastra pada pendidikan dasar, sebagai penyeimbang tuntutan society 5.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menurut metode yang dianut oleh Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan, dan memvalidasi suatu produk, atau dengan kata lain Research & Development, sebagai proses penemuan, pengembangan, dan pengujian produk. Produk yang dimaksud berupa model pembelajaran bermain aur kembar (BAR). Manfaat dari penelitian ini adalah; 1) menghasilkan model pembelajaran baru berupa model pembelajaran yang dapat digunakan/dikembangkan untuk memudahkan anak dalam keterampilan menulis, khususnya menulis sastra, 2) model pembelajaran ini mampu menanamkan karakter bangsa melalui pelestarian kearifan lokal/budaya, berupa permainan tradisional anak, terutama budaya Papua.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.