KEALPAAN STRUKTUR KALIMAT DALAM KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK

Putri Diah Ayu Pitaloka

Abstract


Kealpaan struktur kalimat ialah kesalahan susunan kata yang belum membentuk sebuah kalimat dan dibangun oleh unsur-unsur yang bersifat relatif. Kealpaan struktur kalimat yang dilihat pada keterampilan menulis peserta didik tentunya di sekolah. Agar tidak terjadi kealpaan atau kesalahan pada struktur kalimat maka dari itu beberapa hal berikut ini harus diperhatikan yakni struktur kalimat terdapat komposisi yang harus diperhatikan yaitu subjek, predikat dan objek. Aspek penting tersebut sering diabaikan oleh peserta didik, sehingga permasalahan kealpaan struktur kalimat dalam keterampilan menulis peserta didik terus berlanjut tanpa ada perbaikan. makalah ini mendeskripsikan kealpaan atau kesalahan struktur kalimat dalam keterampilan menulis peserta didik. makalah ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Terkait dengan masalah kealpaan struktur kalimat dalam keterampilan menulis peserta didik aspek yang diamati ialah ambiguitas antara fungsi subjek dan fungsi modifier, ambiguitas antara pengenalan kalimat dan fungsi predikat, ambiguitas antara kalimat majemuk dan kalimat kompleks, dan ambiguitas antara klausa independen dan klausa dependen. Terkait hal-hal yang harus diamati, makalah ini bersifat pembahasan dan pemberian solusi terhadap permasalahan terkait judul makalah. Di dalamnya terdapat beberapa permasalahan yang dibahas kemudian terdapat penjelasan mengapa peserta didik sering melakukan kesalahan tersebut. Solusi yang diberikan sesuai dengan empat permasalahan yang di bahas. Oleh sebab itu, dengan adanya makalah ini diharapkan permasalahan kealpaan struktur kalimat dalam keterampilan menulis peserta didik tidak ada lagi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.