KESIAPAN KOGNITIF DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Moh Abdul Mu’is

Abstract


Keterampilan menyimak merupakan pemerolehan yang natural sebelum menguasai berbicara dan keterampilan berbahasa yang lainnya. Menyimak merupakan keterampilan pertama yang diperoleh dan dikuasi manusia serta penentu dalam pengembangan bahasa pertama seseorang. Dalam kenyataannya, keterampilan menyimak masih memperoleh dan menghadapi hambatan dalam pengajarannya di sekolah maupun dalam praktiknya sebagai media komunikasi di lingkungan sosial. Problematika keterampilan menyimak yang sering terjadi diantaranya permasalahan tes kompetensi menyimak, permasalahan gagap teknologi dan ketersediaan media yang dialami guru, permasalahan proses pembelajaran yang konvensional, dan permasalahan penugasan otentik. Semua permasalahan pembelajaran keterampilan menyimak di sekolah dan rendahnya kemampuan menyimak dalam proses komunikasi dapat diatasi dengan berapa solusi. Solusi-solusi tersebut membutuhkan kerjasama dan kreativitas guru, peserta didik, pemerintah dan semua pihak untuk menjalakannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.