UNIFIKASI PEMILIHAN KATA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA RESEPTIF

Intan Zuhrotun Nafi’ah

Abstract


Keterampilan berbahasa merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam proses komunikasi. Pada hakikatnya keterampilan berbahasa terbagi menjadi dua bagian, yakni keterampilan berbahasa reseptif dan keterampilan berbahasa produktif. Artikel ini berfokus pada keterkaitan keterampilan berbahasa reseptif dengan proses pemilihan kata oleh peserta didik selama proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1. Hakikat keterampilan menyimak, 2. Perbedaan antara mendengar, mendengarkan, dan menyimak, 3. Kemampuan otak untuk menrekam hasil simakan, 4. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil simakan 5. Interelasi keterampilan menyimak dengan keterampilan pemilihan kata. Berdasarkan hasil pembahasan arikel ini meyatakan bahwa keterampilan menyimak merupakan sebuah keterampilan yang digunakan oleh seorang individu untuk mendapatkan sebuah informasi tertentu. Keterampilan menyimak berbeda dengan keterampilan mendengar, keterampilan menyimak lebih tinggi satu tingkat dibandingkan dengan keterampilan mendengar, hal ini dikarenakan keterampilan menyimak memiliki sebuah tujuan yang jelas sedangkan mendengar bisa terjadi karena unsur ketidaksengajaan. Dalam proses menyimak kesiapan penyimak juga harus diperhatikan, misalnya dalam hal konsentrasi mengingat keterampilan menyimak berbeda dengan mendengar. Melalui kegiatan menyimak, peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai pemilihan kata yang benar, serta dapat menambah pembendaharaan kata yang dimiliki oleh peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.