KORELASI TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Ainun Choirunnissa Sudiyono

Abstract


Penulisan makalah ini dimaksudkan untuk mengkaji 1) tindak tutur, 2) tindak tutur representatif, dan 3) kemampuan berbicara peserta didik dengan pembelajaran bahasa Indonesia, dan 4) korelasi antara tindak tutur representatif dengan kemampuan berbicara peserta didik Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber penulisan makalah yaitu teori tindak tutur yang diperoleh dari beberapa hasil penelitian yang relevan. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan psikolinguistik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori tindak tutur representatif yang dikemukakan oleh Seale. Hasil penulisan yang diperoleh 1) pengertian, beberapa jenis, dan fungsi tindak tutur representatif, 2) kemampuan berbicara peserta didik, 3) pembelajaran Bahasa Indonesia. Simpulan yang diperoleh berdasarkan teori ialah peristiwa tutur memiliki kaitan dengan tindak tutur, tindak tutur memiliki beragam jenis dan salah satu di antaranya yaitu tindak tutur representatif, kemampuan berbicara berpengaruh bagi peserta didik dalam proses pembelajaran, serta kaitan antara tindak tutur representatif dengan kemampuan berbicara peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.