MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Abdul Haris

Abstract


Penggunaan model pembelajaran yang tepat dalam mengajarkan menulis puisi merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pendidik. Guna menimbulkan kegiatan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Salah satu model pembelajaran yang tepat dalam mengajarkan menulis puisi adalah model pembelajaran Discovery Tematik. Ketepatan penggunaan model pembelajaran itu dalam menulis puisi, dikarenakan siswa sebelum melakukan pengamatan dituntun terlebih dahulu dalam menentukan tema sosial yang akan diangkatnya di dalam menulis puisi. Kemudian melakukan pengamatan-pengamatan dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan tema sosial. Setelah melakukan pengamatan dan pengumpulan data, siswa membuat simpulan dalam bentuk puisi dan dipresentasikan di depan kelas untuk diapresiasi. Proses kegiatan itu tentu dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi, sebab siswa dalam proses penulisannya melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sosial. Sehingga mendapatkan kekayaan ide-ide dalam menguraikan diksi-diksi pada setiap larik puisinya. Terlebih mendapatkan apresiasi dari teman dan gurunya. Kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran Discovery Tematik terdapat beberapa karakter yang ditanamkan guru pada siswa. Penanaman karakter itu dilakukan pada saat melakukan pembentukan kelompok, pengamatan awal, pembuatan puisi dan pembacaan puisi di depan kelas. Adapun karakter-karakter yang ditanamkan melalui proses model pembelajaran tersebut yaitu karakter sifat dapat dipercaya, rasa hormat, tanggung jawab, sifat adil dan sifat kepedulian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.