GURU BAHASA INDONESIA YANG PROFESIONAL, INOVATIF, KREATIF, DAN BERKEPRIBADIAN INDONESIA DI ERA GLOBAL

Umi Salamah

Abstract


Derasnya arus globalisasi, bukan berarti memaksakan parameter kualitas pendidikan global dianggap yang terbaik. Parameter versi PISA, tidak selalu cocok untuk mengukur kualitas pendidikan Indonesia yang memiliki keragaman budaya dan keragaman kekayaan potensi alam masing-masing daerah. Untuk meningkatkan kualits pendidikan yang berdaya saing global, diperlukan kompetensi guru yang profesional, inovatif, dan kreatif di bidang studinya masing-masing, sedangkan untuk penguatan pendidikan karakter ke-Indonesiaan peserta didik diperlukan wawasan nilai-nilai kearifan lokal. Inovasi di bidang pembelajaran dapat dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan memanfaatkan hal-hal kecil yang terdapat di lingkungannya menjadi “bermakna signifikan” untuk meningkatkan kualitas dan kondusivitas pembelajaran bagi peserta didik. Guru Bahasa Indonesia memiliki peluang yang besar untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kemajuan kekinian sekaligus penguatan pendidikan berkarakter Indonesia. Untuk itu, peningkatan terhadap kompetensi profesional, personal, sosial, berbasis spiritual, kearifan lokal, dan kekinian maka pengetahuan dan keterampilan guru bahasa Indonesia harus selalu di-update sesuai dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang berpijak pada kearifan lokal. Sistem among dapat diterapkan untuk membangun karakter peserta didik yang berkepribadian Indonesa di tengah derasnya arus budaya global. Yang terpenting adalah biarkan anak-anak tetap dalam dunia anak, dan cara terbaik bagi anak untuk belajar adalah kreatif dengan bermain. Apa pun metode, media, dan model pembelajaran harus dirancang agar anak dapat memperoleh pengalaman belajar namun tidak kehilangan masa bermainnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.