STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LIRIK LAGU

Siti Komariyah

Abstract


Dalam pembelajaran menulis kreatif, siswa sering menemui kesulitan. Salah satu penyebabnya, guru kurang memiliki kreativitas dalam pembelajaran. Situasi ini mendorong guru untuk berinovasi dalam pembelajaran menulis kreatif. Penggunaan lirik lagu merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis kreatif. Strategi ini berawal dari pengamatan kebiasaan siswa yang tertarik menyimak lagu. Ketertarikan itu dapat dijadikan sebagai salah satu strategi alternatif pembelajaran menulis kreatif. Makalah ini memaparkan strategi untuk mendorong ketertarikan dan kemampuan menulis kreatif siswa sekolah menengah atas dengan menggunakan lirik lagu. Strategi pembelajaran ini efektif karena penggunaan lirik lagu lebih memudahkan siswa menemukan topik tulisan dan lebih beragam. Selain itu, penggunaan lirik lagu meningkatkan daya kreasi siswa dalam menulis kreatif. Penggunaan lirik lagu juga membuat situasi pembelajaran menulis kreatif menyenangkan bagi siswa. Terakhir, lirik lagu merupakan media pembelajaran menulis kreatif yang mudah dan murah bagi siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.