PENERAPAN PENGALAMAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI STAB KERTARAJASA

Latifah Latifah, Hery Yanto The, Ary Budiyanto

Abstract


Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia secara umum adalah mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dengan berbagai konteksnya. Matakuliah Bahasa Indonesia di perguruan tinggi (PT) menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mampu berkomunikasi dalam ruang lingkup ilmiah dengan latar belakang keilmuannya masing-masing.Untuk itu, di dalam matakuliah Bahasa Indonesia mahasiswa mempelajari konvensi penulisan karya ilmiah.Namun, selain dari segi teknik penulisan, kontribusi dalam bidang akademik juga memerlukan penguasaan segi isi penulisan yang mencakup penguasaan bidang ilmu terkait sesuai dengan perkembangan khazanah keilmuannya.Karakteristik mahasiswa STAB Kertarajasa yang sebagian besar hidup dalam lingkungan monastik sebagai pabajitayang ruang lingkupnya terbatas sedikit banyak mempengaruhi motivasi belajar dan daya jangkau terhadap sumber-sumber belajar bidang studi Dharma Achariya (pendidikan guru agama Buddha). Experiential learning (pengalaman langsung) dalam pembelajaran bahasa Indonesia di STAB Kertarajasa tidak hanya memberikan pengalaman langsung dalam hal kemampuan teknis menulis karya tulis ilmiah. Namun, kuliah ini juga memberikan makna lebih dengan menyajikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk terlibat dengan berbagai sumber pustaka dan digital dalam pengembangan keilmuan Dharma Achariya seperti strategi pembelajaran, Buddhist Studies, dan kajian agama-agama.Paper ini memaparkan pengalaman belajar-mengajar matakuliah Bahasa Indonesia dengan metode experiential learning sebagai suatu bentuk deskriptif-evaluatif pencatatan kemajuan mahasiswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method yang memadukan antara survei dengan studi kasus.Perpaduan metode ini termasuk Quantitatively driven approaches karena data utama yang dikaji adalah hasil perhitungan deskriptif statitistik yang kemudian dianalisis lebih mendalam menggunakan data kualitatif.Penelitian menunjukkan pengaruh positif dari penerapan pengalaman belajar langsung dalam mengembangkan kemampuan menulis karya ilmiah terkait dengan bidang keilmuan mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.