PENINGKATAN LITERASI SISWA KELAS X IPA 5 SMAN 4 KOTA SUKABUMI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Tanti Agustiani, Fauziah Suparman

Abstract


Secara umum, literasi merupakan kemampuan individu dalam mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari keterampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural. Saat ini, penggunaan istilah literasi mulai digunakan dalam arti yang lebih luas, namun tetap merujuk kepada kompetensi atau kemampuan dasar literasi yaitu kemampuan membaca dan menulis. Beberapa istilah yang ada yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia. Pendekatan saintifik sangat mendukung mulai dari literasi data yang berkaitan dengan kemampuan membaca, kemudian menuangkannya ke dalam teknologi dan terdapat kerjasama antar manusia (siswa) untuk berkolaborasi. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti terhadap kegiatan literasi khususnya menulis pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi bahwa kemampuan siswa dalam menulis masih kurang. Hal tersebut disebabkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis dan beranggapan bahwa kegiatan menulis adalah hal yang sulit. Oleh karena itu, sebagai upaya memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan strategi pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis karangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa menulis karangan. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X IPA 5. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan saintifik mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis. Hal itu terlihat dari skor rata-rata keterampilan menulis teks sebelum diberi tindakan adalah 68,56 sedangkan setelah diberi tindakan pada siklus 1 skor rata-rata menjadi 75,84 dan meningkat lagi setelah diberi tindakan pada siklus 2 dengan skor rata-rata 83,5. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berhasil dan dapat meningkatkan literasi siswa kelas X IPA 5 SMAN 4 Sukabumi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.