DUNIA FANTASIDALAMNOVEL BUMI KARYA TERE LIYE

Sulistyo Nugroho, Ahmad Zufli, Hanif Amiruddin

Abstract


Penulisan karya ini adalah dikarenakannya masih banyaknya masyarakat yang tidak dapat menahan nafsu yang dimilikinya sehingga terjadinya kesalahpahaman yang seharusnya dapat diselesaikan dengan mudah. Dengan belajar dan memahami sebuah nilai-nilai pendidikan yang ada dalam masyarakat, hal-hal kecil hingga besarpun dapat diselesaikan dengan bijak.Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan nilai-nilai pendidikan pada pembaca yang telah dicantumkan oleh pengarang dalam novel “Bumi” karya Tere Liye. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Karena objek berupa tulisan dalam novel yang menjadi data penilitan secara kontekstual. Data penelitian berupa semua satuan lingual yang berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung unsur nilai-nilai pendidikan di dalam novel tersebut. Pengambilan data dengan teknik baca dan catat. Teknik baca dilakukan dengan membaca novel “Bumi” Karya Tere Liye secara efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dalam novel Bumi karya Tere Liye ini menyampaikan nilai-nilai pendidikan yang sangat bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menghiudpkan isi cerita yang telah di tulis di dalamnya, sehingga dapat menjadi lebih menarik dan bervariasi serta dapat menghindari hal-hal yang dapat membuat pembaca bosan dalam membacanya. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Novel Bumi ini terdiri atas tiga nilai: (a) Nilai kecerdasan Emosional yaitu suatu nilai mengenalli perasaan yang ingin ditunjukkan kepada seseorang, dalam novel Bumi, (b) Nilai pendidikan Sosial yaitu suatu nilai agar kita dapat kita menjalin hubungan dengan baik terhadap seseorang, dalam novel Bumi, (c) Nilai Pendidikan Individu yaitu sebuah nilai yang dapat mengungkapkan segala hal tanpa kebohongan dan jujur pada diri sendiri, dalam novel Bumi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.