MENULIS KREATIF BERBASIS LINGKUNGAN BAGI SISWA SMA

Hidayah Budi Qur’ani, Purwati Anggraini

Abstract


Tulisan ini merupakan sebuah gagasan yang mendeskripsikan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam menulis cerpen. Selama ini pembelajaran menulis cerpen dianggap menjadi pembelajaran yang sulit untuk diajarkan kepada siswa. Bukan hanya guru saja, tetapi siswa juga mengalami kesulitan dalam menuangkan ide maupun membuat cerita. Kesulitan-kesulitan tersebut diantaranya guru sulit menemukan ide dan membuat metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Selain itu, kesulitan yang dialami oleh siswa adalah kurangnya ide dalam membuat cerpen dan langkah-langkah yang memudahkan siswa dalam menulis cerpen. Oleh karena itu, dalam tulisan ini menawarkan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Solusi tersebut adalah menulis cerpen berbasis lingkungan dengan menggunakan metode karyawisata. Pembahasan dalam tulisan ini adalah (1) langkah-langkah penerapan metode karyawisata berbasis lingkungan sosial dalam pembelajaran menulis cerpen dan (2) langkah-langkah pembuatan cerpen berbasis lingkungan sosial dengan menerapkan metode karyawisata. Dengan adanya solusi ini, diharapkan kesulitan dalam pembelajaran menulis cerpen dapat teratasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.