TANTANGAN PENGAJARAN KULTUR KEBANGSAAN MELALUI KARYA SASTRA TERHADAP SISWA GENERASI DIGITAL

Dewi Kusumaningsih, Murtiana Nainggolan, Titik Sudiatmi

Abstract


Kajian pengajaran kultur kebangsaan melalui karya sastra terkait urgensi siswa generasi digital yang memiliki kemudahan dalam mengakses informasi melalui internet. Kultur asing yang mudah dilihat oleh siswa tanpa diimbangi dengan pendampingan guru yang melek teknologi internet yang berlangsung secara terus-menerus akan mempunyai dampak yang tidak baik terhadap sikap kebangsaan siswa generasi digital terhadap kultur bangsanya sendiri. Modernisasi yang dibantu oleh fenomena peningkatan penggunaan  teknologi merupakan keniscayaan yang secara bertahap melanda negara-negara di dunia, termasuk bangsa kita Indonesia. Proses menghadapi modernisasi ini perlu untuk dipersiapkan agar modernisasi ini dapat menguntungkan siswa dan guru. Guru dituntut untuk kreatif dalam menyajikan pembelajarannya, khususnya pengajaran kultur kebangsaan melalui pembelajaran karya sastra. Karya sastra dapat menjadi salah satu media pengajaran kultur kebangsaan di era kemajuan digital ini. Siswa generasi digital ini mempunyai minat kemudahan dan kecepatan dalam proses memecahkan masalah dan keingintahuan yang tinggi. Pengajaran kultur kebangsaan melalui karya sastra dapat menarik minat perhatian siswa generasi digital. Siswa generasi digital ini dapat mendapatkan kebermanfaatan mempelajari kultur kebangsaan sekaligus menghargai karya sastra itu sendiri. Adapun, proses pengajaran ini akan menemukan berbagai tantangan untuk guru dan siswa. Makalah ini berusaha menjawab tantangan-tantangan pengajaran tersebut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.