MENERJEMAHKAN IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) (STUDI LITERASI DI SMP NEGERI25 MALANG)

Daroe Iswatiningsih

Abstract


   Literasi merupakan program pemerintah dalam meningkatkan kegemaran membaca peserta didik. Selain membaca, berliterasi juga menguatkan kemampuan mengolah informasi yang diketahui, dibaca, ditemukan menjadi bahan yang dapat dikembangkan lebih lanjut, misalnya menjadi sebuah karya tulis fiksi mamupun nonfiksi serta menjadi pesan yang menarik dan kreatif. Dengan demikian, dampak positif dari membaca dapat meningkatkan kemampuan menulis berdasarkan proses berfikir secara cermat, luas dan mendalam, runtut, dan sistematis. Bagaimana sekolah SMP Negeri Satu Atap dalam merealiasikan Gerakan Literasi Sekolah? Tantangan dan kendala apa yang dihadapi sekolah dalam penyelenggaraannya? Adapun berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan  dengan dibantu mahasiswa Magang selama satu bulan di SMP Negeri 25 Malang ini ditemukan hasil  implementasi berliterasi peserta didik menjadi tiga kategori, yakni (1) waktu beliterasi, (2) bentuk berliterasi,  dan (3) dukungan dalam penyelenggaraan literasi sekolah,  (4) kendala penyeenggaraan, serta (5) peluang dan tantangan sekolah dalam menyelenggarakan literasi sekolah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.